Perancangan Perancangan Video Iklan Pesantren Algebra International Islamic Boarding School Untuk Meningkatkan Calon Santri
Perancangan Video Iklan Pesantren Algebra International Islamic Boarding School Untuk Meningkatkan Calon Santri
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1119Keywords:
Video iklan, promosi, pesantrenAbstract
Penelitian ini membahas perancangan video iklan sebagai media promosi pada pesantren Algebra Internasional Islamic Boarding School yang bertujuan untuk membangun citra pesantren Algebra IIBS untuk meningkatkan minat calon santri, dengan proses perancangan video iklan pesantren Algebra IIBS ini juga menggunakan pendekatan perancangan berbasis multimedia development life cycle (MDLC) bisa membuktikan efektivitas dalam menghasilkan media promosi yang terstruktur dengan melalui 6 tahapan yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan atau produksi, testing dan terakhir distribusi. Sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, pesantren kombinasi memiliki peluang besar untuk memperluas jangkauan informasi melalui media digital sehingga video iklan ini bisa menempatkan sasaran yang tepat yaitu para orang tua yang memiliki peran dalam menentukan pilihan pendidikan bagi anak-anak mereka. Hasil akhir berupa video iklan yang menampilkan kegiatan santri dengan lingkungan belajar dan guru yang memadai diharapkan video ini bisa menjadi sarana komunikasi visual yang efektif dan informatif di era digital saat ini
Downloads
References
Chaeriyantama, F. (2021). PEMBUATAN VIDEO IKLAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHMETRO MENGGUNAKAN METODE MDLC.
2(2), 154–165.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter.
Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Junaidi, R. A. A., Rama, B., & Yahdi, M. (2023). Lembaga Pendidikan Pesantren di
Indonesia: Islamic Boarding School Education Institutions in Indonesia. Iqra: Jurnal
Ilmu Kependidikan Dan Keislaman; Vol. 18 No. 2: Juli 2023; 101-107 ; IQRA
JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN; Vol 18 No 2: Juli 2023; 101
107 ; 2615-4870 ; 0216-4949, 18(2), 101–107.
https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3771
Sahputra, A., & Suksesiwaty Lubis, D. (2023). Perancangan dan Pembuatan Iklan Video
sebagai Media Promosi pada Usaha Qorigins Betta. Jurnal Minfo Polgan, 12(1),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firaghaida Effendi, Aileena El Chidtian, Aninditya Daniar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.