Desain Desain Karakter Gayatri Pada Buku Cerita Anak Jenjang Semenjana Sebagai Media Edukasi Kesetaraan Gender

Desain Karakter Gayatri Pada Buku Cerita Anak Jenjang Semenjana Sebagai Media Edukasi Kesetaraan Gender

Authors

  • Kenya Ayuningtyas Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mahimma Romadhona Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1155

Keywords:

Ilustrasi, Buku Anak, Desain Karakter, Gayatri, Kesetaraan Gender

Abstract

Gayatri Rajapatni adalah ratu dari Kerajaan Majaphit yang pengaruhnya sangat besar terhadap kejayaan Majapahit. Di era kerajaan dimana budaya patriarki masih sangat kental Gayatri mampu membuktikan bahwa sebagai Perempuan dia dapat memberikan kontribusi pada Majapahit.Namun dengan pengaruh besarnya kisah Gayatri tidak banyak dimuat dalam catatan sejarah. Saat ini patriarki yang ada di Indonesia telah memunculkan ketimpangan gender antara laki-laki dan perempuan. Maka dari itu dibutuhkan media edukasi tentang kesetaraan gender pada masyarakat. Segmen umur yang disasar adalah anak usia 10-12 tahun karena pada masa ini pembentukan karakter mereka dapat mempengaruhi moral mereka di masa depan. Dengan penciptaan desain karakter ini diharapkan dapat menjadi media edukasi anak untuk membentuk karakter anti diskriminasi gender. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan kuisioner. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain karakter Gayatri Rajapatni pada buku cerita anak yang dapat diteladani nilai-nilai positifnya sebagai media edukasi kesetaraan gender.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2024). Indeks Ketimpangan Gender (IKG) 2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2387/indeks-ketimpangan-gender--ikg--indonesia-mengalami-penurunan-yang-signifikan-menjadi-0-447--menunjukkan-perbaikan-yang-stabil-dalam-kesetaraan-gender.html

Eleanora, F. N., & Supriyanto, E. (2020). Violence against Women and Patriarkhi Culture in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(9), 44. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i9.1912

Febianty, F. A. (2024). IMPLEMENTASI KETOKOHAN GAYATRI RAJAPATNI TERHADAP TOKOH PUBLIK PEREMPUAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG AVATARA , e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 15 , No . 1 Tahun 2024. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 15(1).

Jamil, R. N., Joebagio, H., & Djono. (2018). Psychohistory Gayatri Rajapatni Sebagai Roh Pancasilais Psychohistory of Gayatri Rajapatni As the Soul of Pancasila. Jantra, 13(2), 97–106.

Maharani, S. A., Romadhona*, M., & Masnuna, M. (2023). Perancangan Picture Storybook Berbasis Augmented Reality (Ar) Tentang Edukasi Sigap Bencana Alam Untuk Anak Usia 9-12 Tahun. SYNAKARYA Visual Communication Design Student Journal, 4(2), 67–80. https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i2.89

Munandar, A. A. (2015). Kedudukan dan Peran Perempuan Dalam Masa Jawa Kuno: Era Majapahit. Jumantara, 6(1), 1–18.

Mutiah, R. (2019). SISTEM PATRIARKI DAN KEKERASAN ATAS PEREMPUAN. KOMUNITAS: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(1), 58–74.

Setiawan, Z. (2022). SEJARAH SOSIAL POLITIK KERAJAAN MAJAPAHIT. Jurnal Lanskap Politik, 1(1), 106–115.

Syafrizal, S., & Sari, I. R. (2024). Peranan Pendidikan Karakter dalam Membangun Sikap Positif pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 79–100. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen

World Values Survey Association. (2020). World Values Survey Wave 7 (2017-2022). World Values Survey Association. https://www.worldvaluessurvey.org/WVSDocumentationWV7.jsp

Published

14-07-2025

How to Cite

Ayuningtyas, K., Romadhona, M., & El Chidtian, A. S. C. R. (2025). Desain Desain Karakter Gayatri Pada Buku Cerita Anak Jenjang Semenjana Sebagai Media Edukasi Kesetaraan Gender: Desain Karakter Gayatri Pada Buku Cerita Anak Jenjang Semenjana Sebagai Media Edukasi Kesetaraan Gender. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 9(2). https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1155

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.