Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Huruf Arab (Hijaiyah) untuk Anak Usia 4-6 Tahun dengan Menggunakan Software Pengolah Animasi 2 Dimensi

Penulis

  • Titania Dwi Andini STMIK Asia Malang
  • Achmad Bahar Wafa STMIK Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.305

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Huruf Arab (Hijaiyah), Anak Usia 4-6 Tahun, Animasi, 2 Dimensi

Abstrak

Media Pembelajaran ini dinilai sangat bermanfaat karena membantu Anak pada Usia 4-6 tahun bisa lebih
mudah menerima materi yang diajarakan selain itu juga membuat anak-anak tertarik untuk mempelajari
materi yang disampaikan. Dalam media pembelajaran ini yang akan disampaikan adalah tentang Huruf
Arab (Hijaiyah). Lebih ditujukan kepada anak pada usia 4-6 tahun, karena pada anak usia 4-6 tahun sangat
mudah dan cepat untuk menghafal dari apa yang mereka lihat dan pelajari. Kecanggihan teknologi sekarang
ini memudahkan siapapun mampu belajar membuat Media Pembelajaran seperti software pengolah animasi
2 dimensi, Macromedia Flash serta software pengolah gambar vektor, Corel Draw. Media pembelajaran ini
memiliki konsep yang menarik, dari materi yang disampaikannya mudah dipahami, ditambah dengan
gambar karakter maupun background yang unik akan membuat anak- anak tidak jenuh untuk
mempelajarinya serta memahami isi dari materi yang disampaikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Criticos. 2016. International Encyclopedia of Educational Technology 2nd edition. New York: Elsevior Scienc.

Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gordon B Davis. 2006. Management Information System Conceptual Fondation Structure and Developer.

Hasbullah. 2005. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada

Istanto. 1999. Peran Televisi dalam Masyarakat Citraan Dewasa Ini – Sejarah, Perkembangan dan Pengaruhnya. Jakarta.

Kusrianto, Adi. 2006. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Peter Burke, Briggs. 2006. Sejarah Sosial Media dari Gutenberg sampai internet. Yayasan Obor Indonesia.

Sanyoto, Ebdi Sadjiman. 2005. Nirmana: Dasar-dasar Seni dan Desain. Jakarta: Jalasutra

Sipahelut, Atisah. 1991. Dasar-dasar Desain. Jakarta: Debdiknas.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tway, Linda E. 1992. Welcome to Multimedia. New York: MIS Press.

Wong. 1995. Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: ITB.

Zeembry & Bunadi, Suriman. 2007. Membuat animasi kartu ucapan dengan Flash 8. Jakarta. PT: Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2017-11-30