Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Huruf Arab (Hijaiyah) untuk Anak Usia 4-6 Tahun dengan Menggunakan Software Pengolah Animasi 2 Dimensi
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.305Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Huruf Arab (Hijaiyah), Anak Usia 4-6 Tahun, Animasi, 2 DimensiAbstrak
Media Pembelajaran ini dinilai sangat bermanfaat karena membantu Anak pada Usia 4-6 tahun bisa lebih
mudah menerima materi yang diajarakan selain itu juga membuat anak-anak tertarik untuk mempelajari
materi yang disampaikan. Dalam media pembelajaran ini yang akan disampaikan adalah tentang Huruf
Arab (Hijaiyah). Lebih ditujukan kepada anak pada usia 4-6 tahun, karena pada anak usia 4-6 tahun sangat
mudah dan cepat untuk menghafal dari apa yang mereka lihat dan pelajari. Kecanggihan teknologi sekarang
ini memudahkan siapapun mampu belajar membuat Media Pembelajaran seperti software pengolah animasi
2 dimensi, Macromedia Flash serta software pengolah gambar vektor, Corel Draw. Media pembelajaran ini
memiliki konsep yang menarik, dari materi yang disampaikannya mudah dipahami, ditambah dengan
gambar karakter maupun background yang unik akan membuat anak- anak tidak jenuh untuk
mempelajarinya serta memahami isi dari materi yang disampaikan.
Unduhan
Referensi
Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Gordon B Davis. 2006. Management Information System Conceptual Fondation Structure and Developer.
Hasbullah. 2005. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
Istanto. 1999. Peran Televisi dalam Masyarakat Citraan Dewasa Ini – Sejarah, Perkembangan dan Pengaruhnya. Jakarta.
Kusrianto, Adi. 2006. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Peter Burke, Briggs. 2006. Sejarah Sosial Media dari Gutenberg sampai internet. Yayasan Obor Indonesia.
Sanyoto, Ebdi Sadjiman. 2005. Nirmana: Dasar-dasar Seni dan Desain. Jakarta: Jalasutra
Sipahelut, Atisah. 1991. Dasar-dasar Desain. Jakarta: Debdiknas.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tway, Linda E. 1992. Welcome to Multimedia. New York: MIS Press.
Wong. 1995. Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: ITB.
Zeembry & Bunadi, Suriman. 2007. Membuat animasi kartu ucapan dengan Flash 8. Jakarta. PT: Elex Media Komputindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.