Perancangan Game IDO untuk Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Construct 2
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i1.315Kata Kunci:
educational games; English; vocabularyAbstrak
English is one of the subjects that is still a burden for students. This is because the lack of interest of students in learning English, especially English vocabulary. Thus, developed a game to improve the English vocabulary. The name of the game is "English With Ido". Game development using Construct 2. The concept of this game is a game platform combined with quizzes. Testing this game done in functional test and questionnaire with the number of 70 respondents. The percentage of the aspect of the assessment of the display of the game is very agree equal to 74%, the percentage of time duration is agreeable by 50%, the percentage of student attractiveness to learn is strongly agreed at 52%, the percentage of ease of learning is agreed by 49%, and the importance of vocabulary game is agreed at 51%. Overall respondents agreed and strongly agree from the implementation of this game
Unduhan
Referensi
Defrianto, Dony. Kridalukmana, Rinta. Windasari, Ike Pratiwi. “Pengembangan Permainan Edukatif Ragam Budaya Nusantara Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 3 e-ISSN : 2338-0403), Agustus 2015
Almikdad, An’im. Isnanto, R Rizal. Windasari, Ike Pertiwi. “Pengembangan Permainan Edukatif Tebak Bendera Berbasis Windows Phone”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
Setyawidi, Laras. Kridalukmana, Rinta. Martono, Kurniawan Teguh. “Pembuatan Aplikasi Permainan Ayo Sehat Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
David. “Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror”. Cogito Smart Journal Vol. 2 No. 2, pp 167-179, Desember 2016.
Purnomo, Fendi Aji, dkk. “Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gembul Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak”. Jurnal Simetris Vol. 7 No.2 ISSN: 2252-4983. November 2016.
Fithri, Diana Laily. Setiawan, Dave Andre. “Analisa dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini”. Jurnal Simetris Vol. 8 No. 1 ISSN: 2252-4983. April 2017.
Batuwael, Edvin. Lumenta, Arie. Tulenan, Virginia. “Analisa dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android”. E-Journal Teknik Informatika Vol. 7 No. 1 ISSN : 2301-8364. Januari 2016.
Busran. Fitriyah. “Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca Pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android (Studi Kasus : Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra Padang Selatan)”. Jurnal Teknoif Vol. 3 No. 1 ISSN:2338-2724. April 2015.
Ashari, Yusuf. Kridalukmana, Rinta. Windasari, Ike Pertiwi. “Pembuatan Aplikasi Permainan Pengenalan Provinsi di Indonesia Melalui Game “Adventure Indonesia” Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
Hendraputri, Annisa Hedlina. Kridalukmana, Rinta. Nurhayati, Oky Dwi. “Pengembangan Game Edukatif G30S/PKI Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 2 No. 4 e-ISSN : 2338-0403), Oktober 2014.
Adhanisa, Laila. Kridalukmana, Rinta, Martono, Kurniawan Teguh. “Pembuatan Permainan Lompat Karung Berbasis iOS Menggunakan Game Salad”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016.
Sholikhin, Riyadhi. Nurhayati, Oky Dwi. Widianto, Eko Didik. “Pembuatan Aplikasi Permainan “Engrang Run” Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2016.
Kurniawan, Arsi. Satoto, Kodrat Iman. Kridalukmana, Rinta. “Perancangan dan Pengembangan Permainan Jelajah Indonesia Berbasis iOS Menggunakan GameSalad”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2015.
Wulansari, Siti. Satoto, Kodrat Iman. Martono, Kurniawan Teguh. “Perancangan Permainan “UangAndro” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Anak Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016.
Syahrin, Yusnia Alfi. Satoto, Kodrat Iman. Martono, Kurniawan Teguh. “Perancangan dan Pengembangan Permainan Super Sigi Menggunakan Stencyl Sebagai Media Pengenalan Menyikat Gigi”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2015.
Putri, Bellia Dwi Cahya. Kridalukmana, Rinta. Widianto, Eko Didik. “Perancangan Aplikasi Permainan Multiplayer Gobak Sodor Berbasis Flash di Lingkup Jaringan Lokal”.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.