Perancangan Desain Karakter Pada Buku Cerita Interaktif Tentang Pembelajaran Nilai Sosial
Perancangan Desain Karakter Pada Buku Cerita Interaktif Tentang Pembelajaran Nilai Sosial
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1117Keywords:
Illustration, Character Design, Children's BookAbstract
Pendidikan nilai sosial adalah sebuah proses yang penting dalam membentuk karakter dari seseorang. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran nilai sosial di sekolah maupun di luar sekolah adalah buku cerita interaktif. Desain karakter adalah elemen yang paling penting dalam pembuatan buku anak, oleh karena itu penulis melakukan perancangan desain karakter dari tokoh utama buku cerita interaktif yang berjudul "Bukan Katak dalam Tempurung: Belajar Nilai Sosial dengan Peribahasa" yang ditujukan kepada anak usia 10-12 tahun. Metode yang penulis gunakan adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif serta deskriptif kualitatif. Penulis merancang desain karakter tokoh utama buku ini dengan acuan target audiens yaitu anak-anak usia 10-12 tahun, menggunakan gaya ilustrasi kartun, menggunakan warna hangat untuk menciptakan suasana yang ramah dan warna dingin untuk suasana yang serius.
Downloads
References
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778
Amellya, A. F., & Aryanto, H. (2021). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 1 SDN MEDAENG 2 SIDOARJO. Jurnal Barik, 2(3), 60–72. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Aqmarina, D. N., & Susilo, M. J. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. http://https://purpendijournal.com/index.php/talif
Astuti, A. D. (2018). PENERAPAN WARNA PADA RUANG INTERIOR ANAK AUTIS.
Hermanto, Y. A. L. (2018). IDENTIFIKASI ILUSTRASI-TIPOGRAFI GRAPHIC VERNACULAR SEBAGAI SISTEM TANDA & IDENTITAS WARUNG TENDA DI KOTA MALANG. In Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS) (Vol. 3, Issue 2).
Juwantara, R. A. (2019). ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Listya, A. (2018). KONSEP DAN PENGUNAAN WARNA DALAM INFOGRAFIS.
Masnuna, & Firmansyah, M. A. H. (2022). MEDIA PROMOSI BUKU “PETUALANGAN DI DUNIA NUTRISI” UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN. In Online) SENADA (Vol. 5). http://senada.idbbali.ac.id
Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92
Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SISWA SD. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Sartika, V. D., Wulandari, S., & Ayuswantana, A. C. (2023). PELESTARIAN ASET BUDAYA PERMAINAN CONGKLAK MELALUI DESAIN KARAKTER UNTUK ANAK. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 07(02), 2597–4300.
Simanjuntak, A. V., & Baharuddin. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA ILUSTRASI DIGITAL. In Jurnal Komunitas Bahasa (Vol. 6, Issue 2).
Sinaga, A. C. N., & Kusumandyoko, T. C. (2023). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA EDUKASI ENERGI ALTERNATIF BIOENERGI UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN. Jurnal Barik, 5(1), 118–132. http://journal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gadis Cantik Bunga Tunjungwangi, Masnuna, Bayu Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.