Desain Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi

Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi

Authors

  • Fitria Destiara UPN "Veteran" Jawa Tiimur
  • Mahimma Romadhona Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1162

Keywords:

buku cerita, desain karakter, toleransi

Abstract

 Masih banyak anak-anak yang kurang memahami pentingnya sikap toleransi terhadap perbedaan budaya, agama, dan suku bangsa, yang dapat berdampak pada hubungan sosial mereka di masa depan. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya pendekatan edukatif yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak dalam menyampaikan nilai-nilai toleransi. Perancangan ini bertujuan untuk merancang karakter pada buku cerita interaktif berbasis Augmented Reality dengan tema sejarah Sumpah Pemuda, sebagai media untuk mengajarkan nilai toleransi pada siswa SD. Desain karakter pada buku dirancang dengan memperhatikan keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia agar anak-anak dapat lebih mengenali dan menghargai perbedaan di sekitar mereka. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami nilai-nilai persatuan dan toleransi pada sejarah bangsa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, observasi, dan kuesioner kepada siswa serta ilustrator buku anak. Hasil perancangan diharapkan mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran sejarah sekaligus memperkuat sikap toleransi mereka terhadap keberagaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNN. (2023, August 6). Temuan Serikat Guru: 50 Persen Perundungan di 2023 Terjadi di SD-SMP. CNN Indonesia.

Kamal, K. A., & Maknun, L. (2023). IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.

Maharani, S. A., Romadhona, M., & Manuna. (2023). PERANCANGAN PICTURE STORYBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TENTANG EDUKASI SIGAP BENCANA ALAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN. JURNAL SYNAKARYA, 4(2), 67–80.

Sri Sudarmiyatun. (2012). Makna Sumpah Pemuda. PT Balai Pustaka.

Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Romadhona, M., & Solicitor, A. (2020). Narasi Visual Buku Pop-up Carousel tentang Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak. IDEA : Jurnal Desain, 19(2), 78–83.

Saidillah, A. (2018). KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214.

Susanto, Heri. (2014). Seputar pembelajaran sejarah : isu, gagasan, dan strategi pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Waluyo, V. A. R., & Patria, A. S. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KARAKTER SILVERASH PADA GAME ARKNIGHTS. Jurnal Barik, 3(2), 78–88. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Published

14-07-2025

How to Cite

Destiara, F., Romadhona, M., & El Chidtian, A. S. C. R. (2025). Desain Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi: Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 9(2). https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1162

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.