Desain Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi
Desain Karakter Dalam Buku Cerita Tentang Sejarah Sumpah Pemuda sebagai Media Edukasi Toleransi
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1162Keywords:
buku cerita, desain karakter, toleransiAbstract
Masih banyak anak-anak yang kurang memahami pentingnya sikap toleransi terhadap perbedaan budaya, agama, dan suku bangsa, yang dapat berdampak pada hubungan sosial mereka di masa depan. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya pendekatan edukatif yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak dalam menyampaikan nilai-nilai toleransi. Perancangan ini bertujuan untuk merancang karakter pada buku cerita interaktif berbasis Augmented Reality dengan tema sejarah Sumpah Pemuda, sebagai media untuk mengajarkan nilai toleransi pada siswa SD. Desain karakter pada buku dirancang dengan memperhatikan keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia agar anak-anak dapat lebih mengenali dan menghargai perbedaan di sekitar mereka. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami nilai-nilai persatuan dan toleransi pada sejarah bangsa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, observasi, dan kuesioner kepada siswa serta ilustrator buku anak. Hasil perancangan diharapkan mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran sejarah sekaligus memperkuat sikap toleransi mereka terhadap keberagaman.
Downloads
References
CNN. (2023, August 6). Temuan Serikat Guru: 50 Persen Perundungan di 2023 Terjadi di SD-SMP. CNN Indonesia.
Kamal, K. A., & Maknun, L. (2023). IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.
Maharani, S. A., Romadhona, M., & Manuna. (2023). PERANCANGAN PICTURE STORYBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TENTANG EDUKASI SIGAP BENCANA ALAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN. JURNAL SYNAKARYA, 4(2), 67–80.
Sri Sudarmiyatun. (2012). Makna Sumpah Pemuda. PT Balai Pustaka.
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Romadhona, M., & Solicitor, A. (2020). Narasi Visual Buku Pop-up Carousel tentang Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak. IDEA : Jurnal Desain, 19(2), 78–83.
Saidillah, A. (2018). KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214.
Susanto, Heri. (2014). Seputar pembelajaran sejarah : isu, gagasan, dan strategi pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Waluyo, V. A. R., & Patria, A. S. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KARAKTER SILVERASH PADA GAME ARKNIGHTS. Jurnal Barik, 3(2), 78–88. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Destiara, Mahimma Romadhona, Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.