Perancangan Board Game Perancangan Board Game Pengenalan Objek Wisata Toraja Utara Menggunakan Mekanisme Point-To-Point Movement Dan Set Collection
Perancangan Board Game Pengenalan Objek Wisata Toraja Utara Menggunakan Mekanisme Point-To-Point Movement Dan Set Collection
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1168Keywords:
Pariwisata, board game, toraja utaraAbstract
Kabupaten Toraja Utara di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata karena kekayaan alam dan budayanya. Meskipun tercatat sebanyak 278 objek wisata, hanya 13 di antaranya yang beroperasi secara aktif. Rendahnya tingkat operasional ini diduga disebabkan oleh kurangnya informasi yang diterima masyarakat mengenai keberadaan dan keunggulan destinasi wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan media pembelajaran berbasis permainan papan “Sumalong” sebagai sarana inovatif dalam memperkenalkan pariwisata Toraja Utara. Sumalong dirancang untuk meningkatkan pengetahuan melalui interaksi antar pemain yang menyenangkan dan edukatif. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan menggunakan strategi linear dan mix methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan pemahaman dan pengenalan mahasiswa terhadap destinasi wisata di Toraja Utara. Temuan ini menunjukkan bahwa media permainan edukatif dapat menjadi alternatif efektif dalam strategi promosi pariwisata berbasis partisipatif.
Downloads
References
Agatoni, (2023). https://toraja.tribunnews.com/2023/01/13/sejumlah-objek-wisata-di-toraja-utara-0-pengunjung-sepanjang-2022-kok-bisa?page=all.
Alexandrescu, M.B. & Milandru, M. (2018). Promotion as a form of Communication of the Marketing Strategy. Land Forces Academy Review, 23(4), 2018. 268-274.
Armansyah, (2023). https://rakyatsulsel.fajar.co.id/2023/02/15/sepanjang-2022-wisatawan-ke-torut-capai-261-809-orang/.
Arya Handika B, (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Tour Guide “Touraja” Menggunakan Metode Design Thingking. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Bryan, P. (2022). Perancangan Informasi Upacara Adat Rambu Solo di Tana Toraja Melalui Media Buku Ilustrasi. Univeristas Komputer Indonesia, Bandung.
Falim, A. S. (2018). The Use of Board Games as Learning Media of Project Time Management. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Gibran, (2022) Terbengkalai, Objek Wisata Salib Buntu Singki’ Sepi Pengunjung https://zonakata.com/terbengkalai-objek-wisata-salib-buntu-singki-sepi-pengunjung/
Hendrawan, A., Susilo, C, A., & Barbara, C. (2018). Perancangan Board
Game Sebagai Media Penanaman Moral Bagi Anak Usia 6-9 Tahun Melalui
Pendekatan Pendidikan Agama Kristen. Artika Vol.3, No.1 Juli 2018.
Kodhyat, H. (1983 : 4). Pengertian Pariwisata dan Kepariwisataan. Yogyakarta
Game Making Proccess, (2025). https://kummara.com/home-2/
Nugroho, (2020). Board Game Bukan Sekedar Game. https://gamebasedlearning.id/board-game-bukan-sekedar-game/.
Pare, Cindy Tri Putri Londong (2022) Pembangunan Pariwisata Di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
Prasetyo, R. H. (2019). Perancangan Identitas Visual Dan Aplikasinya Pada Media Promosi Produk Umkm Pizza Laila Pati (Doctoral dissertation, UNNES).
Pudrianisa, S. L. G. ., & Rizky, R. (2020). Board Game Arkeologi sebagai Media Komunikasi Pemasaran Efektif. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2), 130-136.
Purba, E. et al. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Pematangsiantar: Yayasan Kita Menulis.
Putri, S. U., & Agustin, S. A. (2023). Perancangan Board Game Jelajah Kota Tua Jakarta Untuk Remaja Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sains dan Seni ITS, 11(4), Article 4.
Sarwono, Jonathan, & Lubis, H., (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi
Visual, Yogyakarta: CV Andi Offset
Tangidy, A. M., & Setiawan, T. A. (2016). Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game untuk Mahasiswa. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 16-25.
Wibowo, I. C. A., & Agustin, S. A. (2023). Perancangan Board game dengan Tema Jelajah Bangunan Bersejarah di Kota Malang. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gabriel Mangoki, Arie Setiawan, Jasson Prestiliano

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.