Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Untuk Museum Panji

Penulis

  • didit prasetyo nugroho universitas ma chung

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i2.321

Kata Kunci:

Museum, Panji, Corporate identity

Abstrak

Kisah Panji merupakan suatu budaya asli masyarakat Jawa yang telah tersebar hingga mancanegara. Nilai-nilai kemanusiaan yang ada di dalam kisah-kisah Panji menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Jawa. Museum Panji yang merupakan tempat untuk melestarikan dan menjaga agar budaya Panji tidak hilang dimakan zaman sebentar lagi akan siap dibuka untuk masyarakat umum. Namun, Museum Panji saat ini belum memiliki identitas visual untuk mengenalkan dan mempromosikan keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang desain identitas visual dari Museum Panji dengan bentuk corporate identity sebagai media promosi. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan desain corporate identity berupa logo, katalog museum, merchandise museum, poster dan booklet yang sesuai dengan ciri khas dari Museum Panji.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Balmer, J.M.T. (1995). “Corporate Branding and Connoisseurship”. Journal of General Management. Vol. 21, 22-46.
Baried, Siti Baroroh, dkk. 1987. Panji: Citra Pahlawan Nusantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Pramono, Soleh Adi. (2014). Panji: Belajar dari Masa Lalu untuk Merancang Masa Depan Panji Dalam Seni Pertunjukan Wayang Topeng Malangan. Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia, hal. 112. Yogyakarta: Bagaskara.
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain LOGO. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sanyoto, S.E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, Henri. (2001). Kidungan Ludruk. Malang: Pemprov Jawa Timur & Widya Wacana Nusantara
Wiryawan, B. Mendiola. (2008). Kamus Brand A-Z). Jakarta: Red & White Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-12