Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Untuk Museum Panji
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i2.321Kata Kunci:
Museum, Panji, Corporate identityAbstrak
Kisah Panji merupakan suatu budaya asli masyarakat Jawa yang telah tersebar hingga mancanegara. Nilai-nilai kemanusiaan yang ada di dalam kisah-kisah Panji menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Jawa. Museum Panji yang merupakan tempat untuk melestarikan dan menjaga agar budaya Panji tidak hilang dimakan zaman sebentar lagi akan siap dibuka untuk masyarakat umum. Namun, Museum Panji saat ini belum memiliki identitas visual untuk mengenalkan dan mempromosikan keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang desain identitas visual dari Museum Panji dengan bentuk corporate identity sebagai media promosi. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan desain corporate identity berupa logo, katalog museum, merchandise museum, poster dan booklet yang sesuai dengan ciri khas dari Museum Panji.
Unduhan
Referensi
Baried, Siti Baroroh, dkk. 1987. Panji: Citra Pahlawan Nusantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Pramono, Soleh Adi. (2014). Panji: Belajar dari Masa Lalu untuk Merancang Masa Depan Panji Dalam Seni Pertunjukan Wayang Topeng Malangan. Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia, hal. 112. Yogyakarta: Bagaskara.
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain LOGO. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sanyoto, S.E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, Henri. (2001). Kidungan Ludruk. Malang: Pemprov Jawa Timur & Widya Wacana Nusantara
Wiryawan, B. Mendiola. (2008). Kamus Brand A-Z). Jakarta: Red & White Publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.