Desain Karakter Dalam Buku Desain Karakter Dalam Buku Ilustrasi Interaktif Tentang Bahasa Krama Alus Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Jawa Mataraman
Desain Karakter Dalam Buku Ilustrasi Interaktif Tentang Bahasa Krama Alus Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Jawa Mataraman
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v9i2.1164Keywords:
budaya, desain karakter, ilustrasi, jawaAbstract
Provinsi Jawa Timur memiliki beberapa kelompok budaya dimana salah satunya yaitu kelompok budaya Jawa Mataraman. Kelompok budaya Jawa Mataraman terdiri dari beberapa wilayah yang terpengaruh oleh beberapa dialek Jawa tengahan. Namun, kini Bahasa Jawa terutama Bahasa Krama Alus sudah mulai jarang digunakan oleh generasi muda. Oleh karena itu, diperlukan perancangan buku yang menunjang generasi muda terutama anak-anak untuk belajar menggunakan bahasa Krama Alus. Dalam proses perancangan buku ini, penulis mendesain sebuah karakter yang sesuai dengan konsep budaya jawa yang dikemas secara menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menggali kebutuhan visual anak serta kesesuaian karakter dengan nilai-nilai budaya lokal. Hasil dari proses perancangan ini diharapkan mampu menjadi media yang efektif dalam memperkenalkan kembali bahasa Krama Alus serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Jawa sejak usia dini.
Downloads
References
Afifah, A. F., & Ayuswantana, A. C. (2024). Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Anak tentang Gaya Hidup Minim Sampah. Journal Of Social Science Research, 4(3), 1909–1917.
Bangun, M. A., Nasution, M. F. A., Sinaga, N. R., Sastra, S. F. D., & Khairani, W. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2646
BPS. (2015). Mengulik Data Suku di Indonesia. https://www.bps.go.id/id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html
Heroza, M., Kadarisman, A., & Hidayat, D. S. (2025). Buku Ilustrasi “Petualangan di Teluk Kiluan” Media Edukasi Interaktif Mengenai Pengenalan Wisata Teluk Kiluan Lampung untuk Anak Sekolah Dasar. E-Proceeding of Art & Design, 12(1), 37–50.
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode Kombinasi/Campuran Bentuk Integrasi Dalam Penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735–739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452
Kemendikbudristek. (2023, March). Balai Bahasa Yogyakarta Jaring Masukan dari Pemangku Kepentingan Guna Merevitalisasi Bahasa Daerah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/balai-bahasa-yogyakarta-jaring-masukan-dari-pemangku-kepentingan-guna-merevitalisasi-bahasa-daerah
Natanti, S. E., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Nilai Karakter Sopan Santun Dalam Pembiasaan Berbahasa Jawa Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 554–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4712
Puspitoningruma, E., Marista, D., & Rahmayantisb, D. (2018). Bahan Ajar Pacelathom Undha Usuk Basa Jawa Sebagai Penguatan Karakter Tata Krama Berbicara Siswa Dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4, 21–34. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/
Ruliawan, T. R., Aji, R. I., & Arifianto, P. F. (2025). Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Kupang Sebagai Identitas Sidoarjo. In Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA) (Vol. 09, Issue 01).
Sumartono, K. A., Aji, R. I., & Ayuswantana, A. C. (2025). Desain Karakter Sebagai Pendukung Buku Ilustrasi Kebaya Untuk Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 09(01), 2597–4300.
Tumangger, K., Simanjuntak, K., Sinaga, L., Manurung, M., Nababan, M., & Nababan, D. (2022). Reposisi Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4).
Windaryanti, F., & Suryadi, M. (2022). Potret Bahasa Jawa Ragam Krama Masyarakat Pesisiran Kota Semarang. Prasasti : Journal Of Linguistic, 7(1). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Wulandari, E., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Desain Karakter Senjata Tradisional Untuk Game Visual Novel Berbasis Powerpoint. Jurnal Barik, 2(2), 166–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Nur Azizah, Alfian Candra Ayuswantana, Masnuna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.