Perancangan Infografis Songket Lombok
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.307Kata Kunci:
Animasi, Infografis, Motion Graphic, Songket LombokAbstrak
Pulau Lombok tidak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok juga memiliki kain tenun khas daerah yang dinamakan kain songket Lombok. Namun demikian, masih banyak masyarakat luas yang belum mengetahui keberadaan songket Lombok tersebut khususnya masyarakat luar pulau Lombok. Dengan seiring berkembangnya teknologi sekarang, informasi dalam bentuk video animasi banyak diminati masyarakat luas karena tampilannya yang lebih menarik. Maka dari itu informasi kain songket Lombok berupa video infografis sangat diperlukan. Infografis adalah media yang digunakan untuk menginformasikan tentang keindahan kains ongket Lombok, dengan menggunakan infografis ini informasi akan terlihat menarik dan mudah dipahami. Observasi dilakukan langsung dipengrajin songket yaitu di desa Sukerare dan desa Sade. Melakukan wawancara langsung ke pengerajin juga berperan penting untuk mengetahui data apa saja yang dibutuhkan. Perancangan video animasi infografis ini menggunakan teknik motion graphic. Perancangan infografis ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kain songket Lombok kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Perancangan konsep mengambil tema infografis. Infografis ini menggunakan gambar, foto, backsound dan juga text sebagai pendukung. Video animasi ini dirancang menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator CS6 untuk membuat sketsa menjadi bentuk digital, Adobe After Effect CS6 untuk membuat pergerakan animasi, Adobe Audition CS6 untuk memberi dubbing. Hasil dari pengujian kepada 33 responden sebagai sampel adalah77. 5%.
Unduhan
Referensi
Curran, Steve. 2000. Motion Graphics: Graphic Design for Broad cast and Film: Rockport
Hendratman, Hendi. 2008. Tips and Trix Computer Graphic Design. Bandung: Informatika
Hendratman, Hendi. 2010. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.
Krasner, Jon. 2008. Motion Graphic Design Applied Historic and Aesthetics. Oxford: Elsevier
Munir. 2013. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia:
Nugraha, Ali, & Rachmawati, Yeni. 2008. Metode pengembangan sosial emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Pujirianto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer) Yogyakarta: Andi
Purnamawati, Eldarni. 2001 Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali
Sadjiman, Ebdi Sanyoto. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Nirmana) Yogyakarta: Arti Sari Intaran.
Sihombing. 2001. Pengenalan Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Subakti. 2010. Majalah Bisnis Komputer. Jakarta: AKY Press
Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Mikke. 2002. Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.
Wong, Wucius. 1995. Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: ITB.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.