Perancangan Infografis Songket Lombok

Penulis

  • Fadhli Almu’iini Ahda STMIK Asia Malang
  • Fariz Aulia Rahman STMIK Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.307

Kata Kunci:

Animasi, Infografis, Motion Graphic, Songket Lombok

Abstrak

Pulau Lombok tidak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok juga memiliki kain tenun khas daerah yang dinamakan kain songket Lombok. Namun demikian, masih banyak masyarakat luas yang belum mengetahui keberadaan songket Lombok tersebut khususnya masyarakat luar pulau Lombok. Dengan seiring berkembangnya teknologi sekarang, informasi dalam bentuk video animasi banyak diminati masyarakat luas karena tampilannya yang lebih menarik. Maka dari itu informasi kain songket Lombok berupa video infografis sangat diperlukan. Infografis adalah media yang digunakan untuk menginformasikan tentang keindahan kains ongket Lombok, dengan menggunakan infografis ini informasi akan terlihat menarik dan mudah dipahami. Observasi dilakukan langsung dipengrajin songket yaitu di desa Sukerare dan desa Sade. Melakukan wawancara langsung ke pengerajin juga berperan penting untuk mengetahui data apa saja yang dibutuhkan. Perancangan video animasi infografis ini menggunakan teknik motion graphic. Perancangan infografis ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kain songket Lombok kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Perancangan konsep mengambil tema infografis. Infografis ini menggunakan gambar, foto, backsound dan juga text sebagai pendukung. Video animasi ini dirancang menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator CS6 untuk membuat sketsa menjadi bentuk digital, Adobe After Effect CS6 untuk membuat pergerakan animasi, Adobe Audition CS6 untuk memberi dubbing. Hasil dari pengujian kepada 33 responden sebagai sampel adalah77. 5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chandra. 2005. Membuat Berbagai DVD-Video Dengan Ulead Studio 9, Bandung: Elex Media Komputindo

Curran, Steve. 2000. Motion Graphics: Graphic Design for Broad cast and Film: Rockport

Hendratman, Hendi. 2008. Tips and Trix Computer Graphic Design. Bandung: Informatika

Hendratman, Hendi. 2010. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.

Krasner, Jon. 2008. Motion Graphic Design Applied Historic and Aesthetics. Oxford: Elsevier

Munir. 2013. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia:

Nugraha, Ali, & Rachmawati, Yeni. 2008. Metode pengembangan sosial emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.

Pujirianto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer) Yogyakarta: Andi

Purnamawati, Eldarni. 2001 Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali

Sadjiman, Ebdi Sanyoto. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Nirmana) Yogyakarta: Arti Sari Intaran.

Sihombing. 2001. Pengenalan Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Subakti. 2010. Majalah Bisnis Komputer. Jakarta: AKY Press

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Mikke. 2002. Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

Wong, Wucius. 1995. Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: ITB.

Unduhan

Diterbitkan

2017-11-30