Perancangan Video Promosi Objek Wisata Ranudi Kabupaten Probolinggo Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i1.380Kata Kunci:
Video, media promosi, objek wisata, wisata ranu, Kabupaten ProbolinggoAbstrak
Pesatnya kemajuan teknologi informatika (IT) memberikan kemudahan dalam mengakses dan menyajikan informasi dalam berbagai bentuk dan media, secara umumnya (buku, brosur, majalah, tabloid, dan poster), maupun dalam bentuk format elektronik atau digital (internet, film, cd-interaktif dan game). Dengan tersedianya banyak penyajian maka data hasil-hasil penelitian dapat disajikan dengan lebih menarik dan mudah digunakan maka data hasil-hasil digunakan, seperti mengandung unsur informasi Media ini berupa video promosi tentang Objek Wisata Ranu di Kabupaten Probolinggo-Jawa Timur. Video memberikan info tantang wisata Ranu di Kabupaten Probolinggo-Jawa Timur. Media promosi ini nantinya akan disajikan berupa video promosi dan informasi yang nantinya dapat memudahkan para wisatawan untuk mengetahui tentang WIsata Ranu di Kabupaten Probolinggo-Jawa Timur dan bertujuan untuk memikat daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang dan berpariwisata di Kabupaten Probolinggo. Format MPEG (MotionPicture Expert Group) dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya MPEG merupakan standart international untuk format digital audio & video, biasanya digunakan untuk VCD & DVD. Dalam membuat sebuah video sebagai media promosi yang menarik, media ini dibuat dengan beberapa elemen seperti konsep videografi, storyline, storyboard, dan audio. Software pendukung pada tahap pasca produksi adalah Adobe After Effect untuk membuat opening, Adobe Photoshop untuk mendesain informasi, dan Adobe Premiere Pro digunakan untuk proses editing video. Dari hasil responden, nilai presentase dari masyarakat menanggapi baik tentang produk yang dihasilkan, sehingga diperoleh penelitian akhir 97% mengatakan bahwa video ini menarik perhatian mereka dan layak menjadi Media Promosi objek Wisata Ranu di Kabupaten Probolinggo.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.