Pengembangan Modul Praktikum SPSS Versi 20 Pada Matakuliah Statistika Dan Probabilitas Berbasis WEB Untuk Memfasilitasi Keterampilan Pengujian Hipotesis Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.346Kata Kunci:
pengembangan modul, web, SPSS versi 20Abstrak
Instructional media is a major element of the active learning process. Active learning emphasizes the activities of students in accessing information from various sources, to be discussed in the learning process in the classroom, experiences that not only increase knowledge, but also the ability of analysis and synthesis. Students are required to play a more active role in developing independent learning methods, starting from planning, implementing and evaluating the learning process. The use of statistical media must be equipped with a task sheet so that students remain active and critical learners. The well-designed web-based media development has the potential to become a virtual lab as a meaningful and interesting center for statistical learning. One of the subjects in D3 Informatics Engineering curriculum is statistical and probability. Hearing statistical words like specter must be learned. Statistics is a subject that studies descriptive statistics that focus more on describing data and inferential statistics that are more focused on testing statistical data so that they draw conclusions from questions that want to be followed. Modules as one of the teaching materials have one characteristic is the principle of independent learning. Based on the description, the researcher conducted a research on the development of a practical module testing hypotheses using SPSS 20 in the statistics and probability courses to achieve the planned learning goals, namely skilled in testing hypotheses using valid testing methods according to the characteristics of the research sample. Based on the results of the study, it can be concluded: (1) The online learning system that has been created can be utilized by lecturers and students to manage lectures on the use of SPSS online which can be accessed through the internet in general. The address to access the system is http://sinau-bareng-statistika.000webhostapp.com, (2) The implementation of lectures using the online learning system will provide benefits both directly and indirectly to lecturers and students.
Unduhan
Referensi
Barokati, N dan Annas, F. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 No 2, 352-359.
Jaya, H. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2 No 1 Tahun 2012.
Lasmiyati dan Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 No 2, 161-174.
Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII No.2. Hlm 1-10.
Tirta, I M. 2014. Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-Shiny dan MathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 19 November 2014.
Wahyono, T. 2012. Analisis Statistic Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m Stmik Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi