Pengembangan Modul Praktikum SPSS Versi 20 Pada Matakuliah Statistika Dan Probabilitas Berbasis WEB Untuk Memfasilitasi Keterampilan Pengujian Hipotesis Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.346Keywords:
pengembangan modul, web, SPSS versi 20Abstract
Media pembelajaran menjadi suatu elemen utama proses pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif menekankan pada aktivitas pebelajar dalam mengakses berbagai informasi dari berbagai sumber, untuk dibahas dalam proses pembelajaran dalam kelas, sehingga memperoleh berbagai pengalaman yang tidak saja menambah pengetahuan, tapi juga kemampuan analisis dan sintesis. Mahasiswa dituntut berperan lebih aktif dalam mengembangkan cara-cara belajar mandiri, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses belajar. Pemanfaatan media statistika harus dilengkapi dengan lembar tugas sehingga mahasiswa tetap menjadi pebelajar aktif dan kritis. Pengembangan media berbasis web jila dirancang dengan baik berpotensi menjadi lab virtual sebagai pusat belajar statistika yang bermakna dan menarik. Salah satu matakuliah pada kurikulum program studi D3 Teknik informatika adalah matakuliah statistik dan probabilitas. Mendengar kata statistik seperti momok yang harus dipelajari. Statistika merupakan matakuliah yang mempelajari tetang statistika deskriptif yang lebih focus pada mendeskripsikan data dan ststistika inferensial yang lebih focus pada pengujian data statistic sehingga menghasilkan kesimpulan dari pertanyaan yang diingin diikur. Modul sebagai salah satu bahan ajar mempunyai salah satu karakteristik adalah prinsip belajar mandiri. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti mengadakan penelitian tentang pengembangan modul praktikum pengujian hipotesis menggunakan SPSS 20 pada matakuliah statistika dan probabilitas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan yaitu terampil mengadakan pengujian hipotesis menggunakan metode pengujian yang valid sesuai dengan karakteristik sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : (1) Sistem pembelajaran online yang telah di buat dapat di manfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk mengelola perkuliahan materi penggunaan SPSS secara online yang dapat diakses melalui internet secara umum. Alamat untuk mengakses sistem tersebut adalah http://sinau-bareng-statistika.000webhostapp.com, (2) Pelaksanaan perkuliahan menggunakan sistem pembelajaran online akan memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung kepada dosen dan mahasiswa.
Downloads
References
Barokati, N dan Annas, F. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 No 2, 352-359.
Jaya, H. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2 No 1 Tahun 2012.
Lasmiyati dan Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 No 2, 161-174.
Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII No.2. Hlm 1-10.
Tirta, I M. 2014. Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-Shiny dan MathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 19 November 2014.
Wahyono, T. 2012. Analisis Statistic Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia (Jitika) dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m Stmik Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal Jitika, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun.
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi