Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan

Penulis

  • Valentinus Roby Hananto Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Agus Dwi Churniawan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Ayouvi Poerna Wardhanie Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v11i1.55

Kata Kunci:

Customer RElationship Management, Analytical CRM, Segmentasi Pelanggan, Institusi Pendidikan

Abstrak

Persaingan untuk meraih pelanggan merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh institusi pendidikan. Berbagai metode diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing, salah satunya yaitu menggunakan Customer Relationship Mangement (CRM) berupa database pelanggan yang berisi mengenai informasi pelanggan yang terperinci. Perkembangan teknologi manjemen data seperti data warehouse dan data mining menjadi pendukung penerapan CRM yang lebih sistematis dibandingkan sebelumnya. Dalam penelitian ini dijelaskan bagaimana rancangan penerapan analytical CRM untuk mendukung segmentasi pelanggan pada institusi pendidikan. Studi literatur dari berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui teknologi apa saja yang harus dipersiapkan oleh institusi pendidikan dalam penerapan analytical CRM. Selain itu, kami juga melakukan analisis kebutuhan untuk menyesuaikan sistem analytical CRM pada institusi pendidikan. Dengan rancangan terebut, penerapan analytical CRM dapat semakin banyak digunakan dalam mendukung segmentasi pelanggan pada institusi pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-02-20