Perancangan Aplikasi ListenAndShare Sebagai Platform Digital Social Listening Untuk Mendengar dan BerBagi Literatur Audio
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.876Keywords:
ListenAndShare; buku audio, digital social listeningAbstract
Perkembangan internet dan perangkat mobile saat ini telah membentuk cara baru untuk berkomunikasi, dan mencari informasi maupun hiburan. Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi ListenAndShare sebagai platform digital social listening yaitu media sosial untuk mendengar, membuat dan mendiskusikan literatur dalam bentuk audio. Pengguna bisa menjadi penulis buku, dan mempublikasikan dalam bab demi bab dengan keharusan menyertakan media audio di samping teks tertulis. Pengguna lain bisa mengikuti buku tersebut dan memberikan komentar dan berdiskusi dengan pendengar atau pembaca buku yang lainnya. Fitur berlangganan juga disediakan bagi pendengar yang tertarik untuk mengikuti seluruh karya dari pengarang tertentu yang disukainya. Dengan konsep audio ini pengguna akan dimudahkan untuk menikmati suatu karya sambil menjalankan aktivitas lainnya. Di samping itu aktivitas mendengarkan buku juga bisa dilakukan secara bersama, misalnya dalam keluarga atau dalam lingkaran teman.Pengembangan dilakukan dengan mengadopsi metodologi agile dengan menentukan miminim viable product untuk diimplementasikan sehingga aplikasi bisa segera diujicobakan ke pengguna dan mendapatkan feedback untuk pengembangan lebih lanjut. Aplikasi diimplementasikan secara multiplatform dengan menggunakan framework Flutter.
Downloads
References
Castela, A., & Costa, C. (2019). So different and yet so similar. Millennials and tourism mobility. Journal of Tourism and Development, 32, 51–64.
Cataldi, Z., & Dominighini, C. (2018). Teaching millennials with creative pedagogies based on their emodemands. 2018 IEEE World Engineering Education Conference (EDUNINE), 1–5.
Cordero, K., Chiuminatto, P., Duncan, S., & Vera, E. (2021). Millennials in the Stacks: Choices, Habits and Attitudes of Frequent Library Users between the Ages of 18–29 in Santiago, Chile. International Information & Library Review, 53(1), 15–34.
Dalessandro, C. (2018). Recruitment tools for reaching millennials: The digital difference. International Journal of Qualitative Methods, 17(1), 1609406918774446.
Gokhale, N. (2019). Online content and post-purchase behavior a study of millennials. Media Watch, 10(special issue), 64.
Harmel, R., & Yeh, Y.-Y. (2019). Impacts of Internet on Openness to Change in China: Millennials Versus Pre-Millennials. Social Science Quarterly, 100(5), 1744–1754.
IFPI. (2018). IFPI Global Music Report 2018. https://www.ifpi.org/news/IFPI-GLOBAL-MUSIC-REPORT-2018
Nakamura, L. (2013). “Words with friends”: Socially networked reading on Goodreads. Pmla, 128(1), 238–243.
Pianzola, F., Rebora, S., & Lauer, G. (2020). Wattpad as a resource for literary studies. Quantitative and qualitative examples of the importance of digital social reading and readers’ comments in the margins. PLoS ONE, 15.
Rahmat, N., Syed, S., & Hasan, H. (2018). Exploring Reading Issues Among Millennials And Genz. https://doi.org/10.5281/zenodo.2430189
Rebora, S., Boot, P., Pianzola, F., Gasser, B., Herrmann, J. B., Kraxenberger, M., Kuijpers, M. M., Lauer, G., Lendvai, P., Messerli, T. C., & Sorrentino, P. (2021). Digital humanities and digital social reading. Digital Scholarship in the Humanities, 36(Supplement_2), ii230–ii250. https://doi.org/10.1093/llc/fqab020
Sarkhel, J., & Das, P. (2010, December). Towards a new generation of reading habits in Internet Era.
Snelling, M. (2021). The Audiobook Market and Its Adaptation to Cultural Changes. Publishing Research Quarterly, 37(4), 642–656. https://doi.org/10.1007/s12109-021-09838-1
Additional Files
How to Cite
Issue
Section
License
Upon acceptance for publication, authors transfer copyright of their article to Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. This includes the rights to reproduce, transmit, and translate the material in any form or medium.
While the editorial board endeavors to ensure accuracy, they accept no responsibility for the content of articles or advertisements. Liability rests solely with the respective authors and advertisers.
Website material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Under this license, users are free to share and adapt the material for any purpose, including commercial use, provided license terms are met. These freedoms are irrevocable by the licensor under such conditions.