Analisis user experience Honeycomb pada Platform Lazada

Penulis

  • Afrilza Daffa Naryapramono Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia
  • Diva Satria Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia
  • Fawwaz Haryolukito Pambudi Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia
  • Muhammad Azzam Fadhlullah Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia
  • Tyto Rinandi Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia
  • Florentina Yuni Arini Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50229, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1069

Kata Kunci:

platform lazada, user experience, ux honeycomb, kenyamanan pelanggan

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis User Experience (UX) menggunakan model UX Honeycomb pada platform e-commerce Lazada. UX menjadi aspek vital dalam meningkatkan pengalaman berbelanja mulai dari pencarian produk hingga pengalaman dalam membeli produk. Dengan adanya persaingan yang ketat di industri e-commerce, meningkatkan kualitas UX telah menjadi faktor utama dalam pembeda yang secara langsung dapat mempengaruhi pemeliharaan dan pemenuhan kepuasan pengguna, terutama pada platform e-commerce Lazada. Aspek UX Honeycomb yang terdiri dari useable (berguna), useful (mudah digunakan), desirable (diinginkan), findable (mudah ditemukan), accessible (dapat diakses), credible (dapat dipercaya), dan valuable (bernilai) menjadi penting bagi Lazada untuk mempertahankan pangsa pasar dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian dilakukan melalui survei 50 responden. Berdasarkan survei tersebut, aspek useable menunjukkan bahwa antarmuka Lazada dinilai ramah pengguna dengan transaksi digital yang beragam. Aspek useful, fitur rekomendasi produk dipandang relevan dalam menemukan barang sesuai kebutuhan. Aspek desirable masih perlu ditingkatkan karena estetika visual Lazada dianggap belum cukup menarik. Aspek findable sudah terpenuhi dengan fitur pencarian yang efisien dan mudah digunakan. Aspek accessible menunjukkan kemajuan melalui desain intuitif, meski masih diperlukan peningkatan dukungan bagi pengguna dengan keterbatasan fisik atau sensorik. Aspek credible dinilai positif berkat ulasan pengguna dan deskripsi produk yang lengkap, yang membangun kepercayaan. Aspek valuable tampak dari program diskon, voucer, dan flash sale yang memberi keuntungan ekonomis. Sehingga, UX Honeycomb mendukung keberlanjutan Lazada semakin sinergi dalam pemenuhan pengalaman pengguna Lazada.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asyifah, A., Syafi’i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce untuk Peningkatan Penjualan Online. Action Research Literate, 7(1), 70–75. https://doi.org/10.46799/arl.v7i1.188

Badriyah, T., Fernando, R., & Syarif, I. (2018, March 8). Sistem Rekomendasi Content Based Filtering Menggunakan Algoritma Apriori. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Berlilana, Wahid, A. M., Fortuna, D., Saputra, A. N. A., & Bagaskoro, G. (2024). Exploring the Impact of Discount Strategies on Consumer Ratings: An Analytical Study of Amazon Product Reviews. Journal of Applied Data Sciences, 5(1), 158–172. https://doi.org/10.47738/jads.v5i1.163

Butkovic, A., Mcardle, G., & Bertolotto, M. (2023). A Framework to Measure User Experience of Geoportals. https://www.researchgate.net/publication/377151521

Deac, L. (2014). Modern Web Design Techniques - A Practical approach. Turku University of Applied Sciences.

Fatah, D. A., & Ayu Mufarroha, F. (2022). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Akademik Berbasis Wireframing. Jurnal Simantec, 11(1), 97–106. https://doi.org/10.21107/simantec.v11i1.19739

Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi Rolly. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdegnklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2, 104–109.

International Organization for Standardization. (2019). Ergonomics of human-system interaction – Part 210: Human-centred design for interactive systems (ISO 9241-210:2019). https://www.iso.org/standard/77520.html

Kurniawan, Y., Purwanti, A., & Kurnita, S. E. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Konsumen PT Mitra Beton Mandiri Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(2), 69–78.

Lestari, P., & Anggraini, F. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio E-Kons, 10(1), 87. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2411

Morville, P. (2004). User Experience Design. Semantic Studios. https://semanticstudios.com/user_experience_design/

Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154–163. https://doi.org/10.32315/jlbi.v12i3.252

Mulyadi, M., & Gultom, A. W. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Sistem Pembayaran Terhadap Pendapatan Usaha Panglong Kayu di Kecamatan Muaradua. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 3(2). https://doi.org/10.54895/jmbu.v3i2.1926

Mutiasanti, S., Ananta, M. T., & Az-Zahra, H. M. (2018). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3601–3608.

Pan, H., Liu, Z., & Ha, H.-Y. (2022). Perceived price and trustworthiness of online reviews: different levels of promotion and customer type. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(10), 3834–3854. https://doi.org/10.1108/IJCHM-12-2021-1524

Pebiyanti, E., Fauzi, A., Husniyyah, T., Tasia, S. I., Sutendi, Z., Vitri, A. E., & Penulis, K. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 2686–4916. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10.

Sauri, Moh. S., Putra, A. H., & Yossy, E. H. (2023). User Experience Evaluation on Production Performance Monitoring System Using Honeycomb Method. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 11(1), 135–148. https://doi.org/10.33558/piksel.v11i1.6927

Setyanti, E. P. (2015). Transaksi E-commerce Indonesia Tahun Depan Diprediksi Capai $4,5 Miliar. Tech in Asia. https://id.techinasia.com/transaksi-ecommerce-indonesia

Siek, M., & Fariz, F. H. (2023). Analysis of User Experience on Short Video Services: Instagram Reels and Tiktok Comparison. 2023 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 819–824. https://doi.org/10.1109/ICIMTech59029.2023.10277782

Sigar, C., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Commerce di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 53–61. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2233

Simanjuntak, S. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SAP Modul Sales & Distribution, Material Management, Fianancial Accounting) [Institut Teknologi Sepuluh Nopember]. https://repository.its.ac.id/49487/

Siswanto, C. A., Indradewi, A. A., Emmanuella Pallo, K. X., & Purba, A. Z. (2022). Perlindungan Konsumen Terhadap Pembelian Obat Mengandung Psikotropika Pada Online Marketplace. Jurnal USM Law Review , 5(2), 553–568. https://doi.org/10.26623/julr.v5i2.5337

Sugiyono, S. (2014). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 19). Alfabeta.

Suseta, P., Rokhmawati, R. I., & Brata, K. C. (2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 6191–6199. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5677

Syahidi, A. A., & Tolle, H. (2021). Evaluation of User Experience in Translator Applications (Banjar-Indonesian and Indonesian-Banjar) Based on Mobile Augmented Reality Technology using the UX Honeycomb Method. Journal of Games, Game Art, and Gamification, 6(1), 7–13. https://doi.org/10.21512/jggag.v6i1.7430

Vivakaran, M. V., & Neelamalar, M. (2015). From Spectators to Users: A study on the transformation caused by the Social media in the Indian Media Context. Bloomsbury. https://www.researchgate.net/publication/315686284

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(1). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2/

File Tambahan

Diterbitkan

2025-06-09

Cara Mengutip

Naryapramono, A. D., Satria, D., Pambudi, F. H., Fadhlullah, M. A., Rinandi, T., & Arini, F. Y. (2025). Analisis user experience Honeycomb pada Platform Lazada. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(2), 1–13. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1069