Rancang Bangun Aplikasi Travel Berbasis Android dengan Pendekatan Waterfall
Kata Kunci:
Kata Kunci: aplikasi travel, Android, metode Waterfall, desain aplikasi, pariwisata.Abstrak
Aplikasi travel berbasis Android dirancang untuk mempermudah pengguna dalam merencanakan perjalanan mereka. Penelitian ini berfokus pada rancang bangun aplikasi menggunakan pendekatan Waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, desain UI/UX, implementasi, dan evaluasi desain. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti pencarian destinasi, pemesanan tiket, dan akomodasi dengan antarmuka yang mudah digunakan.Hasil pengujian melalui user testing menunjukkan bahwa 90% pengguna merasa navigasi aplikasi mudah dipahami, 85% puas dengan desain visualnya, dan 80% menyatakan bahwa fitur-fitur aplikasi memenuhi kebutuhan mereka dalam perencanaan perjalanan. Meski demikian, sekitar 15% pengguna memberikan masukan untuk peningkatan tata letak dan penambahan fitur pendukung.Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi travel yang lebih efisien dan user-friendly, sekaligus menawarkan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut guna meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Unduhan
Referensi
[1] M. A. Ammar, “Peran teknologi hijau dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di masa depan,” JECTH J. Econ. Technol. Soc. Humanit., vol. 1, no. 2, 2023, Accessed: Nov. 21, 2024. [Online]. Available: http://jetch.id/index.php/jetch/article/view/5
[2] C. A. Cholik, “Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang,” J. Fak. Tek. UNISA Kuningan, vol. 2, no. 2, pp. 39–46, 2021.
[3] M. Mukhsin, “Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi,” Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2020.
[4] A. P. Felt, E. Ha, S. Egelman, A. Haney, E. Chin, and D. Wagner, “Android permissions: user attention, comprehension, and behavior,” in Proceedings of the Eighth Symposium on Usable Privacy and Security, in SOUPS ’12. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, Jul. 2012, pp. 1–14. doi: 10.1145/2335356.2335360.
[5] D. K. Sari, “Pengembangan Aplikasi Android Mobile Dictionary And Emulatorperintah Dasar Command Line Interfacelinux dan Windows,” Skripsi Tidak Diterbitkan Yogyak. Program Studi Pendidik. Tek. Inform. Univ. Negeri Yogyak., 2018.
[6] D. Sudrajat et al., “The Implementation of Innovation in Educational Technology to Improve The Quality of Website Learning in Industrial Revolution Era 4.0 Using Waterfall Method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1364, no. 1, p. 012044, Dec. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1364/1/012044.
[7] B. R. Staats, D. J. Brunner, and D. M. Upton, “Lean principles, learning, and knowledge work: Evidence from a software services provider,” J. Oper. Manag., vol. 29, no. 5, pp. 376–390, Jul. 2011, doi: 10.1016/j.jom.2010.11.005.
[8] I. Afrianto and A. Setiyadi, “Sistem Informasi Monitoring Perdagangan Pariwisata Dan Investasi Di Indonesia Dengan Negara-Negara Di Kawasan Amerika Dan Eropa,” Inform. Educ. Prof. J. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 171–184, 2019.
[9] R. S. Dias and M. Muhallim, “Sistem Informasi Penjualan Berbagai Macam Produk Berbasis Android Di Toko De Ari Palopo,” Indones. J. Educ. Humanity, vol. 2, no. 1, pp. 34–50, 2022.
[10] I. Saputra, F. Gitawan, M. Iqbal, and C. Chandra, “APLIKASI LAYANAN PESAN ANTAR MENU MAKANAN PADA RESTORAN MAK CIAK BERBASIS ANDROID,” Jupit. J. Penerapan Ilmu-Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, 2021, Accessed: Dec. 02, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/08/article/view/1060
[11] A. D. Hardiansyah and C. N. P. Dewi, “Perancangan basis data sistem informasi perwira tugas belajar (sipatubel) pada kementerian pertahanan,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya, 2020, pp. 222–233. Accessed: Dec. 02, 2024. [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/529
[12] J. A. Whittaker, Exploratory software testing: tips, tricks, tours, and techniques to guide test design. Pearson Education, 2009. Accessed: Dec. 07, 2024. [Online]. Available:
[13] C. Bartolini, A. Bertolino, S. Elbaum, and E. Marchetti, “Bringing white-box testing to service oriented architectures through a service oriented approach,” J. Syst. Softw., vol. 84, no. 4, pp. 655–668, 2011.
[14] S. Andriyanto and L. N. Mulyani, “Analisa Dan Perancangan Perangkat Lunak: Digital Library.” Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, 2020. Accessed: Dec. 02, 2024. [Online]. Available: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/133/
[15] A. Murray and V. Scuotto, “The Business Model Canvas,” Symphonya Emerg. Issues Manag., pp. 94–109, 2015, doi: 10.4468/2015.3.13murray.scuotto.
[16] B. A. Sparks, H. E. Perkins, and R. Buckley, “Online travel reviews as persuasive communication: The effects of content type, source, and certification logos on consumer behavior,” Tour. Manag., vol. 39, pp. 1–9, Dec. 2013, doi: 10.1016/j.tourman.2013.03.007.
[17] T. Alanzi, “A Review of Mobile Applications Available in the App and Google Play Stores Used During the COVID-19 Outbreak,” J. Multidiscip. Healthc., vol. Volume 14, pp. 45–57, Jan. 2021, doi: 10.2147/JMDH.S285014.
[18] L. Setiyani, “Desain Sistem : Use Case Diagram,” Pros. Semin. Nas. Inov. Dan Adopsi Teknol. INOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 246–260, Nov. 2021.
[19] A. Lucero, “Using Affinity Diagrams to Evaluate Interactive Prototypes,” in Human-Computer Interaction – INTERACT 2015, J. Abascal, S. Barbosa, M. Fetter, T. Gross, P. Palanque, and M. Winckler, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2015, pp. 231–248. doi: 10.1007/978-3-319-22668-2_19.
[20] D. Hertita, Setiap Pebisnis Harus Tahu Promo Upselling Cross-selling Ini!: Rahasia Upselling Cross-selling dalam Kesuksesan Bisnis. Elex Media Komputindo, 2024. Accessed: Dec. 21, 2024. [Online]. Available:
[21] A. Wiharto and C. Budihartanti, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. Dan Obs. Sist. Komput., vol. 4, no. 2, 2017, Accessed: Nov. 28, 2024. [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/387
[22] A. Salsabilah, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERINCE APLIKASI WISATA NUSANTARA UNTUK PEMILIHAN DESTINASI WISATA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” PhD Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri, 2024. Accessed: Dec. 21, 2024. [Online]. Available: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/580/
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2014 Putri Khairunnisa Nabilah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.