Implementasi Smart Tourism menggunakan Virtual Tour 360° di Belalang Adventure Batam
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1075Kata Kunci:
belalang adventure batam, digitalisasi pariwisata, smart tourism, virtual tour 360Abstrak
Batam dikenal sebagai destinasi wisata yang mempunyai objek wisata yang menarik. Objek wisata di Batam terdiri dari pantai berpasir putih, pulau-pulau yang eksotis, pusat perbelanjaan modern termasuk juga wisata aktivitas luar ruangan. Salah satu penyedia jasa wisata aktivitas luar ruangan yang terkenal di kota Batam adalah Belalang adventure. Belalang adventure merupakan penyedia wisata luar ruangan yang menawarkan berbagai permaianan petualangan dan juga permaianan edukasi di alam terbuka. Meskipun Belalang adventure cukup populer di kota Batam, namun masih banyak wisatawan dari luar yang belum mengenal Belalang adventure. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Virtual Tour 360 di Belalang adventure agar dapat menarik wisatawan dari luar Batam. Metode yang dilakukan adalah Metode Eksperimental yaitu Observasi langsung dan Perancangan melalui Perangkat Lunak. Rancangan Virtual Tour Video 360 dengan perangkat lunak Google Street View sebagai perangkat penangkap gambar, Adobe Lightroom sebagai perangkat penyunting gambar, Jejaring Web Theasys sebagai aplikasi pembuat Vitual Tour untuk tambahan Hotspot agar terasa lebih hidup. Virtual tour memiliki keterkaitan yang penting dengan perkembangan Belalang Adventure di industri pariwisata Batam. Dengan lokasi yang strategis yaitu di Golden Prawn, Belalang Adventure menawarkan pengalaman unik dan menarik bagi para pengunjung. Melalui Virtual Tour 360, pengunjung dapat mengeksplorasi fasilitas Belalang Adventure secara virtual sebelum memutuskan untuk berkunjung. Dengan implementasi Virtual Tour 360 ini diharapkan akan dapat memudahkan wisatawan untuk melihat detail berbagai fasilitas yang tersedia di Belalang adventure sehingga dapat menarik minat wisatawan dari luar Batam untuk berkunjung ke Belalang adventure.
Unduhan
Referensi
Akhsani, R., Ismanto, I., & Kholil, Moch. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Tour untuk Pengembangan Media Promosi Kampus Berbasis Web. Generation Journal, 7(2), 133–140. https://doi.org/10.29407/gj.v7i2.20069
Ayuni, N. D., & Juhana, A. (2025). Analisis Pemanfaatan Metaverse Dalam Perspektif Industri Kreatif dan Sosial. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(1), 8–12. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.977
BPS Batam. (2024). Wisatawan Mancanegara Ke Kota Batam Menurut Kebangsaan 2010 - 2024. https://Batamkota.Bps.Go.Id/Indicator/16/91/1/01-Wisatawan-Mancanegara-Ke-Kota-Batam-Menurut-Kebangsaan.html
Budi, R. B. N., & Wenas, M. B. (2018). Perancangan Virtual Tour Kampus I UKSW sebagai Media Informasi Mahasiswa Baru. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 51–65. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1562
Dafitri, H., Rismayanti, & Asri Tamara. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Warna Pada Anak Dengan Metode Research and Development Berbasis Android. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (JUKTISI), 2(2), 409–415. https://doi.org/10.62712/juktisi.v2i2.121
Fahlevi, R., Putra, M. Z. D., Sinambela, F. A., & Ingakadijaya, R. (2024). Niat Berkunjung Kembali oleh Wisatawan pada Destinasi Wisata Kampung Vietnam . Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2), 388. https://doi.org/10.35906/jep.v10i2.2162
Fatma, Y., Hayami, R., Budiman, A., & Rizki, Y. (2019). Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata di Propinsi Riau. Jurnal FASILKOM, 9(3), 1–7. https://doi.org/10.37859/jf.v9i3.1666
Hariyanto, O. I. B., & Dewi, S. (2023). Nilai dan Kualitas serta Kepuasan Terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Mall di Kota Batam. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 6(1), 137–150. https://doi.org/10.32500/jematech.v6i1.4192
Hattori, K. (1991). What’s virtual reality? (人工現実感の世界). Kōgyō Chōsakai (工業調查会).
Isaghoji, S., & Par, M. (2024). Optimasi Fasilitas Taman Kota Sebagai Daya Tarik Wisata Outdoor. AE Publishing.
Kim, M. J., & Hall, C. M. (2019). A hedonic motivation model in virtual reality tourism: Comparing visitors and non-visitors. International Journal of Information Management, 46, 236–249. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.11.016
Koroll, R. S. (2022). Leisure Activities In The Outdoors: Learning, Developing And Challenging (Mandi Baker, Neil Carr, & Emma J. Stewart, Eds.). Oxfordshire.
Latifah, A., & Antika, D. (2025). Penerapan Virtual Tour 360 Derajat Sebagai Media Informasi Yayasan Al-Musaddadiyah Garut. Jurnal Algoritma, 22(1), 701–712.
Lavalle, S. M. (2023). Virtual Reality. Cambridge University Press.
Leveau, P., & Camus, et S. (2023). Embodiment, immersion, and enjoyment in virtual reality marketing experiences. Psychology & Marketing, 40(7), 1329–1343. https://doi.org/10.1002/mar.21822
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. Academic Press, Inc., Harcourt Brace.
Pestek, A., & Sarvan, M. (2021). Virtual reality and modern tourism. Journal of Tourism Futures, 7(2), 245–250. https://doi.org/10.1108/JTF-01-2020-0004
Prambayun, A., Oktaviany, D., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis Potensi Virtual reality sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Pagar Alam. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(3), 2641–2651. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i3.1341
Rodrigues, A., & Cheiran, J. F. P. (2020). Virtual look around: interaction quality evaluation for virtual tour in multiple platforms. 2020 22nd Symposium on Virtual and Augmented Reality (SVR), 47–56. https://doi.org/10.1109/SVR51698.2020.00023
Safitri, E. A., Supardi, S., & Rumba, R. (2024). Pengembangan Paket Wisata Outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante Lombok Tengah. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(6), 859–868. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/7697
Safitri, W., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Outbound Taman Wisata Matahari Di Cisarua Kabupaten Bogor tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.47938
Simbolon, S. O., Lubis, A. L., & Wibowo, A. (2023). Strategi SWOT Untuk Mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Pantai Melayu di Kota Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 8(2), 190–204. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v8i2.3067
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2nd ed.). Afabeta.
Yang, T., Lai, I. K. W., Fan, Z. Bin, & Mo, Q. M. (2021). The impact of a 360° virtual tour on the reduction of psychological stress caused by COVID-19. Technology in Society, 64, 101514. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101514
Zimmerman, T. G., Lanier, J., Blanchard, C., Bryson, S., & Harvill, Y. (1986). A hand gesture interface device. ACM SIGCHI Bulletin, 17(SI), 189–192. https://doi.org/10.1145/30851.275628
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.