Implementasi Smart Tourism menggunakan Virtual Tour 360° di Belalang Adventure Batam

Penulis

  • Muhamad Zhabiyan Dwi Putra Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Renza Fahlevi Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Fitriana Aidnilla Sinambela Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Viony Viony Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Stevani Stevani Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Jessica Friscilla Ang Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia
  • Wira Ardhimas Pratama Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, 12330, Indonesia
  • Jasica Kristin Mangkey Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, 12330, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1075

Kata Kunci:

belalang adventure batam, digitalisasi pariwisata, smart tourism, virtual tour 360

Abstrak

Batam dikenal sebagai destinasi wisata yang mempunyai objek wisata yang menarik. Objek wisata di Batam terdiri dari pantai berpasir putih, pulau-pulau yang eksotis, pusat perbelanjaan modern termasuk juga wisata aktivitas luar ruangan. Salah satu penyedia jasa wisata aktivitas luar ruangan yang terkenal di kota Batam adalah Belalang adventure. Belalang adventure merupakan penyedia wisata luar ruangan yang menawarkan berbagai permaianan petualangan dan juga permaianan edukasi di alam terbuka. Meskipun Belalang adventure cukup populer di kota Batam, namun masih banyak wisatawan dari luar yang belum mengenal Belalang adventure. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan  Virtual Tour 360 di Belalang adventure agar dapat menarik wisatawan dari luar Batam. Metode yang dilakukan adalah Metode Eksperimental yaitu Observasi langsung dan Perancangan melalui Perangkat Lunak. Rancangan Virtual Tour Video 360 dengan perangkat lunak Google Street View sebagai perangkat penangkap gambar, Adobe Lightroom sebagai perangkat penyunting gambar, Jejaring Web Theasys sebagai aplikasi pembuat Vitual Tour untuk tambahan Hotspot agar terasa lebih hidup. Virtual tour memiliki keterkaitan yang penting dengan perkembangan Belalang Adventure di industri pariwisata Batam. Dengan lokasi yang strategis yaitu di Golden Prawn, Belalang Adventure menawarkan pengalaman unik dan menarik bagi para pengunjung. Melalui Virtual Tour 360, pengunjung dapat mengeksplorasi fasilitas Belalang Adventure secara virtual sebelum memutuskan untuk berkunjung. Dengan implementasi Virtual Tour 360 ini diharapkan akan dapat memudahkan wisatawan untuk melihat detail berbagai fasilitas yang tersedia di Belalang adventure sehingga dapat menarik minat wisatawan dari luar Batam untuk berkunjung ke Belalang adventure.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhamad Zhabiyan Dwi Putra, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip2.png

Muhamad Zhabiyan Dwi Putra saat ini sedang menempuh pendidikan gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batam dengan bidang peminatan Manajemen Rekreasi dan Hotel. Di sisi lain, dia memiliki minat penelitian sustainable tourism development, smart tourism, dan creative writing.

Renza Fahlevi, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip0-a15a33f58fabc9d935194ab7731cb9da.png

Renza Fahlevi merupakan salah satu dosen pengajar di prodi Pariwisata Universitas Internasional Batam. Dia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 2007 dan Magister Manajemen pada tahun 2014. Saat ini beliau sedang menempuh pendidikan Doktoral di Institut Pariwisata Triksakti Jakarta. Selain aktif mengajar, beliau juga aktif berorganisasi dengan bergabung dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Bidang penelitian yang telah dilaksanakan meliputi tourism marketing dan tourist behavior.

 

Fitriana Aidnilla Sinambela, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip5.png

Fitriana Aidnilla Sinambela adalah seorang dosen pengajar di prodi Pariwisata Universitas Internasional Batam. Beliau mendapatkan gelar S.Tr. di Politeknik Negri Batam dan gelar M.M di Universitas Internasional Batam. Saat ini beliau sedang menempuh pendidikan Doktoral di Institut Pariwisata Trisakti Jakarta. Beliau juga merupakan praktisi pariwisata dengan menjalankan bisnis biro perjalanan wisata. Minat penelitian beliau adalah marketing destination dan digital marketing.

Viony Viony, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip7.png

Viony saat ini sedang menempuh pendidikan gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batam dengan peminatan Manajemen Rekreasi dan Hotel. Bidang penelitian tourism marketing, sustainable tourism development, dan risk management.

Stevani Stevani, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip8.png

Stevani saat ini sedang menempuh gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batam, dengan bidang peminatan Bisnis Kuliner. Bidang penelitiannya saat ini adalah historical tourism.

Jessica Friscilla Ang, Pariwisata, Universitas Internasional Batam, Kota Batam, 29422, Indonesia

mceclip10.png

Jessica Friscilla Ang saat ini sedang menempuh gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batam, dengan bidang peminatan Bisnis Kuliner. Bidang penelitiannya saat ini adalah tourism marketing dan medical tourism.

Wira Ardhimas Pratama, Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, 12330, Indonesia

mceclip12.png

Ardhimas Wira Pratama saat ini sedang menempuh gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, dengan bidang peminatan Pariwisata Berkelanjutan. Bidang penelitiannya saat ini adalah rural tourism, sustainable tourism development, dan front office.

Jasica Kristin Mangkey, Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, 12330, Indonesia

mceclip14.png

Jasica Kristin Mangkey saat ini sedang menempuh gelar Sarjana Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, dengan bidang peminatan Pariwisata Berkelanjutan. Bidang penelitiannya saat ini adalah smart tourism dan travel business.

Referensi

Akhsani, R., Ismanto, I., & Kholil, Moch. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Tour untuk Pengembangan Media Promosi Kampus Berbasis Web. Generation Journal, 7(2), 133–140. https://doi.org/10.29407/gj.v7i2.20069

Ayuni, N. D., & Juhana, A. (2025). Analisis Pemanfaatan Metaverse Dalam Perspektif Industri Kreatif dan Sosial. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(1), 8–12. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.977

BPS Batam. (2024). Wisatawan Mancanegara Ke Kota Batam Menurut Kebangsaan 2010 - 2024. https://Batamkota.Bps.Go.Id/Indicator/16/91/1/01-Wisatawan-Mancanegara-Ke-Kota-Batam-Menurut-Kebangsaan.html

Budi, R. B. N., & Wenas, M. B. (2018). Perancangan Virtual Tour Kampus I UKSW sebagai Media Informasi Mahasiswa Baru. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 51–65. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1562

Dafitri, H., Rismayanti, & Asri Tamara. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Warna Pada Anak Dengan Metode Research and Development Berbasis Android. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (JUKTISI), 2(2), 409–415. https://doi.org/10.62712/juktisi.v2i2.121

Fahlevi, R., Putra, M. Z. D., Sinambela, F. A., & Ingakadijaya, R. (2024). Niat Berkunjung Kembali oleh Wisatawan pada Destinasi Wisata Kampung Vietnam . Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2), 388. https://doi.org/10.35906/jep.v10i2.2162

Fatma, Y., Hayami, R., Budiman, A., & Rizki, Y. (2019). Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata di Propinsi Riau. Jurnal FASILKOM, 9(3), 1–7. https://doi.org/10.37859/jf.v9i3.1666

Hariyanto, O. I. B., & Dewi, S. (2023). Nilai dan Kualitas serta Kepuasan Terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Mall di Kota Batam. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 6(1), 137–150. https://doi.org/10.32500/jematech.v6i1.4192

Hattori, K. (1991). What’s virtual reality? (人工現実感の世界). Kōgyō Chōsakai (工業調查会).

Isaghoji, S., & Par, M. (2024). Optimasi Fasilitas Taman Kota Sebagai Daya Tarik Wisata Outdoor. AE Publishing.

Kim, M. J., & Hall, C. M. (2019). A hedonic motivation model in virtual reality tourism: Comparing visitors and non-visitors. International Journal of Information Management, 46, 236–249. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.11.016

Koroll, R. S. (2022). Leisure Activities In The Outdoors: Learning, Developing And Challenging (Mandi Baker, Neil Carr, & Emma J. Stewart, Eds.). Oxfordshire.

Latifah, A., & Antika, D. (2025). Penerapan Virtual Tour 360 Derajat Sebagai Media Informasi Yayasan Al-Musaddadiyah Garut. Jurnal Algoritma, 22(1), 701–712.

Lavalle, S. M. (2023). Virtual Reality. Cambridge University Press.

Leveau, P., & Camus, et S. (2023). Embodiment, immersion, and enjoyment in virtual reality marketing experiences. Psychology & Marketing, 40(7), 1329–1343. https://doi.org/10.1002/mar.21822

Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. Academic Press, Inc., Harcourt Brace.

Pestek, A., & Sarvan, M. (2021). Virtual reality and modern tourism. Journal of Tourism Futures, 7(2), 245–250. https://doi.org/10.1108/JTF-01-2020-0004

Prambayun, A., Oktaviany, D., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis Potensi Virtual reality sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Pagar Alam. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(3), 2641–2651. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i3.1341

Rodrigues, A., & Cheiran, J. F. P. (2020). Virtual look around: interaction quality evaluation for virtual tour in multiple platforms. 2020 22nd Symposium on Virtual and Augmented Reality (SVR), 47–56. https://doi.org/10.1109/SVR51698.2020.00023

Safitri, E. A., Supardi, S., & Rumba, R. (2024). Pengembangan Paket Wisata Outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante Lombok Tengah. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(6), 859–868. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/7697

Safitri, W., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Outbound Taman Wisata Matahari Di Cisarua Kabupaten Bogor tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.47938

Simbolon, S. O., Lubis, A. L., & Wibowo, A. (2023). Strategi SWOT Untuk Mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Pantai Melayu di Kota Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 8(2), 190–204. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v8i2.3067

Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2nd ed.). Afabeta.

Yang, T., Lai, I. K. W., Fan, Z. Bin, & Mo, Q. M. (2021). The impact of a 360° virtual tour on the reduction of psychological stress caused by COVID-19. Technology in Society, 64, 101514. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101514

Zimmerman, T. G., Lanier, J., Blanchard, C., Bryson, S., & Harvill, Y. (1986). A hand gesture interface device. ACM SIGCHI Bulletin, 17(SI), 189–192. https://doi.org/10.1145/30851.275628

Diterbitkan

2025-07-21

Cara Mengutip

Putra, M. Z. D., Fahlevi, R., Sinambela, F. A., Viony, V., Stevani, S., Ang, J. F., … Mangkey, J. K. (2025). Implementasi Smart Tourism menggunakan Virtual Tour 360° di Belalang Adventure Batam. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(2), 73–79. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1075