Penerapan design thinking untuk perancangan aplikasi wisata di Kawasan Wisata Taman Nasional Halimun Salak

Penulis

  • Akbar Muzija Sistem Informasi, Universitas Semarang, Semarang, 50196, Indonesia
  • Saifur Rohman Cholil Sistem Informasi, Universitas Semarang, Semarang, 50196, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.1077

Kata Kunci:

akomodasi, design thinking, pemesanan tiket, ui/ux, wisata

Abstrak

Studi ini mengembangkan aplikasi pemesanan tiket dan akomodasi untuk Taman Nasional Halimun Salak dengan pendekatan UI/UX berbasis metodologi Design Thinking. Meskipun taman nasional ini merupakan destinasi wisata alam terkemuka di Indonesia, proses reservasi tiket dan hotel masih menghadapi kendala, seperti sistem yang kurang intuitif dan keterbatasan aksesibilitas. Metodologi Design Thinking diterapkan melalui lima tahap empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian untuk memahami serta merancang solusi sesuai kebutuhan pengguna. Wawancara dan survei dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam reservasi, yang kemudian menjadi dasar pengembangan prototipe. Prototipe diuji oleh pengguna untuk mengumpulkan umpan balik guna meningkatkan pengalaman pemesanan. Hasil studi menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan efisiensi dan kemudahan reservasi dibandingkan sistem konvensional, dengan antarmuka intuitif dan fitur yang disesuaikan untuk wisatawan. Evaluasi menggunakan metrik kepuasan pengguna dan waktu penyelesaian transaksi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna. Solusi ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pariwisata di Taman Nasional Halimun Salak serta mendorong pemanfaatan teknologi dalam sektor pariwisata Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alamsyah, R., Nugroho, I. M., & Alam, S. (2022). Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Wastu Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 152–159. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.506

Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072–1081. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648

Aryansyah, D. F., Sokibi, P., & Fahrudin, R. (2023). Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi Dan Teknologi Komputer (JUMISTIK), 2(1), 128–135. https://doi.org/10.70247/jumistik.v2i1.19

Denasfi, A. M., & Wahyuni, E. G. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling “ANGLO” dengan Metode Design Thinking. Journal.Uii.Ac.Id.

Dumalang, J. M., Lapihu, D., Informasi, S., & Ratulangi, U. S. (2023). Perancangan UI / UX Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking. 2(September), 41–52.

Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Hasna, K., Defriani, M., & Totohendarto, M. H. (2023). Redesign User Interface Dan User Experience Pada Website Eclinic Menggunakan Metode Design Thinking. 4(1), 83–92. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1072

Herfandi, H., Yuliadi, Y., Zaen, M. T. A., Hamdani, F., & Safira, A. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 337–344. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1716

Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30

Muhammad Iqbal, I., Muhammad Fahmi Julianto, F., UmiKhultsum, U., & Destiana Putri, D. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Umkm Borneo Istimewa. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(2), 24–28. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i2.117

Nurmaharani, S., & Heriyanto. (2023). Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi. INFOTECH Journal, 9(1), 46–53. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.4393

Purbo, Y. S., Utomo, F. S., & Purwati, Y. (2023). Analisis dan Perancangan Antarmuka Aplikasi Wisata Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Teknologi Terpadu, 9(2), 123–132. https://doi.org/10.54914/jtt.v9i2.977

Putra, I. M., & Indah, D. R. (2023). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 688–697. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.872

Sauro, J. (2010). A Practical Guide to Measuring Usability. Measuring Usability LLC.

Sutrisno, G. P., Sumaryana, Y., & Hikmatyar, M. (2023). Designing User Interface And User Experience Of Mobile-Based Nguriling Kota Tasik (Ngulisik) Bus E-Ticket Application With Design Thinking Method. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 17(1), 97–110. https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i1.3047

Yusri, A. R., Hanif, I. F., & Al-farel, M. D. (2024). Perancangan Desain UI / UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan. 5(2). https://doi.org/10.47065/bit.v5i2.1340

Diterbitkan

2025-04-25

Cara Mengutip

Muzija, A., & Cholil, S. R. (2025). Penerapan design thinking untuk perancangan aplikasi wisata di Kawasan Wisata Taman Nasional Halimun Salak. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(1), 49–59. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.1077