Pengembangan aplikasi web tes RIASEC online pada bakat.uam.ac.id menggunakan metode Agile Scrum
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1185Kata Kunci:
riasec, scrum, user story, moscow rules, aplikasi webAbstrak
Dinamika pasar kerja yang terus berubah menuntut instrumen penilaian minat karir yang adaptif dan mudah diakses. Tes RIASEC, merupakan salah satu alat yang telah teruji untuk pemetaan karir, dan digitalisasinya melalui aplikasi web menawarkan banyak keuntungan. Namun, metode pengembangan perangkat lunak linier sering kali terbukti kaku dalam merespons perubahan kebutuhan pengguna yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi web tes RIASEC online di bakat.uam.ac.id dengan mengimplementasikan metode Agile Scrum untuk meningkatkan fleksibilitas dan akselerasi proses pengembangan. Metode ini diterapkan melalui tiga siklus sprint. Product backlog diprioritaskan menggunakan metode MoSCoW (Must-have, Should-have, Could-have, Won't-have) untuk menentukan item yang akan dikerjakan dalam setiap sprint. Setiap siklus sprint mencakup tahapan sprint task (eksekusi harian) dan sprint review. Evaluasi menggunakan sprint retrospective menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil mengurangi waktu penyelesaian fitur-fitur inti. Durasi sprint 1, 2, dan 3 adalah 2 minggu, 3 minggu, dan 3 minggu, dengan total waktu pengerjaan 7 jam lebih cepat dari estimasi awal. Kerangka kerja Scrum memberikan otonomi dan ruang kreativitas bagi tim pengembang dalam menentukan Sprint Backlog Item (SBI) pada tahap sprint task, namun tetap terkendali oleh Product Backlog Item (PBI) dan estimasi waktu yang ditetapkan oleh product owner.
Unduhan
Referensi
Agustini, F. (2023). Implementasi Metode Scrum Pada Aplikasi Penjualan Peta Dan Buku (Studi Kasus Pada CV Ubo Rampe Palwoko). Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.31294/akasia.v3i1.1900
Alshammari, F. H. (2022). Analytical Evaluation of SOA and SCRUM Business Process Management Approaches for IoT-Based Services Development. Scientific Programming, 2022, 1–14. https://doi.org/10.1155/2022/3556809
Armstrong, P. I., Hubert, L., & Rounds, J. (2003). Circular unidimensional scaling: A new look at group differences in interest structure. Journal of Counseling Psychology, 50(3), 297–308. https://doi.org/10.1037/0022-0167.50.3.297
Cohn, Mike. (2011). Succeeding with agile : software development using Scrum. Addison-Wesley.
Del Sagrado, J., & Del Águila, I. M. (2021). Assisted requirements selection by clustering. Requirements Engineering, 26(2), 167–184. https://doi.org/10.1007/s00766-020-00341-1
Farid, M. T., Adi Nugroho, H., & Hidayah, I. (2021). Sistem Rekomendasi Minat Anak Menggunakan Alat Tes Rothwell Miller Interest Blank Berbasis Web. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 4(1). https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v4i1.116
Hermans, K. (2023). Mastering Agile: A Comprehensive Guide to Learn Agile. Cybellium Ltd.
Istiqomah, D. A., Vikky Aprelia Windarni, Surya Tri Atmaja Ramadhani, & Zein Nur Ichsan. (2024). Peningkatan Pengetahuan Agile Scrum dalam Pengembangan Perangkat Lunak pada Startup Kala Kreatif Indonesia. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 915–924. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1777
Lee, W.-T., & Chen, C.-H. (2023). Agile Software Development and Reuse Approach with Scrum and Software Product Line Engineering. Electronics, 12(15), 3291. https://doi.org/10.3390/electronics12153291
Miranda, E. (2022). Moscow Rules: A Quantitative Exposé (pp. 19–34). https://doi.org/10.1007/978-3-031-08169-9_2
Nugraha, D., Nur, I. L., Hidayatuloh, M. T., Laluma, R. H., & Gunawan. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kantor Menggunakan Scrum Framework Di Desa Wangunsari. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 116–124. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.740
Pramudawardani, N. K. P., & Adiati, R. P. (2024). Holland’s RIASEC Model: Career and Job Development Assessment for Personnel Administration Staff. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 13(3), 361. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i3.14915
Pratama, S., Ibrahim, S., & Reybaharsyah, M. A. (2022). Jurnal Penggunaan Metode Scrum Dalam Membentuk Sistem Informasi Penyimpanan Gudang Berbasis Web. INTECH, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.54895/intech.v3i1.1192
Rad, N. K. . (2021). Agile Scrum Foundation Courseware English: Based on the 3rd Edition of the Agile Scrum Handbook. Van Haren Publishing.
Rodriguez, G., Soria, A., & Campo, M. (2016). Measuring the Impact of Agile Coaching on Students’ Performance. IEEE Transactions on Education, 59(3), 202–209. https://doi.org/10.1109/TE.2015.2506624
Setiawan, R., Mulyani, A., Ramdan, G. M., & Roji, F. F. (2024). Aplikasi Resep Makanan Bergizi Membantu Pencegahan Stunting Menggunakan Metodologi Agile Framework Scrum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(4), 761–770. https://doi.org/10.25126/jtiik.1148384
Suwarno, S., & Jaya, W. S. (2022). Design and Development of Software Project Management System using Scrum. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 5(2), 483–493. https://doi.org/10.31289/jite.v5i2.6412
Tasrif, E. (2022). RIASEC Holland’s reliability and validity on personality of informatics engineering education students in higher education. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 11. https://doi.org/10.29210/020221602
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.