Segmentasi persepsi dampak media sosial pada UMKM menggunakan K-Means

Penulis

  • Mayang Anglingsari Putri Information Systems Study Program, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 15148, Indonesia
  • Denisha Trihapningsari Information Systems Study Program, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 15148, Indonesia
  • Hasan Basri Information Systems Study Program, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 15148, Indonesia
  • Mochamad Bagoes Satria Julianto Information Systems Study Program, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 15148, Indonesia
  • Irpan Kusyadi Information Systems Study Program, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 15148, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1188

Kata Kunci:

k-means clustering, media sosial, pemasaran digital, segmentasi persepsi, umkm

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan penggunaan media sosial telah memengaruhi strategi pemasaran dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara signifikan. Namun, pemahaman tentang bagaimana berbagai pengguna memandang peran media sosial dalam mendukung pertumbuhan UMKM masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan persepsi pengguna mengenai dampak media sosial terhadap UMKM, menggunakan metode K-means. Kebaruan penelitian ini terletak pada penggabungan analisis persepsi dengan teknik pembelajaran mesin tanpa pengawasan untuk menemukan pola tersembunyi dalam respons publik. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM dan pengguna produk UMKM di seluruh Indonesia. Kuesioner tersebut mencakup pernyataan terkait aksesibilitas, efektivitas promosi, dan kemampuan membangun kepercayaan media sosial. Hasil pengelompokan mengategorikan responden ke dalam beberapa kelompok persepsi—mulai dari yang sangat positif hingga netral atau skeptis, yang memberikan wawasan berharga bagi para pemangku kepentingan dan ahli strategi pemasaran digital dalam menargetkan komunikasi dan dukungan bagi UMKM. Pendekatan ini menawarkan strategi berbasis data untuk mengoptimalkan pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan platform digital yang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, A. F., Setiawan, R. T., Abdullah, V. S. N. H., Febriana, Z. A., & Supriyono, S. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Penjualan UMKM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 1285–1290. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/24372

Amelia, M., Faqih, A., & Rinaldi, A. R. (2025). Penerapan Metode K-Means Clustering dalam Pemetaan Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia untuk Perencanaan Kebijakan yang Tepat. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6231

Darmawan, S. A. D., & Karmilasari. (2024). Penerapan Metode K-Means Clustering dan Simple Moving Average untuk Memprediksi Jenis Penyakit di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(4), 877–886. https://doi.org/10.25126/jtiik.1148703

Ramadana, F. D., Pratama, W. P., Yogario, C. L., Khohar, A., & Setiawan, I. (2025). Implementasi Algoritma K-Means Clustering terhadap Tingkat Kepuasan Peserta LKP Multi Talenta Komputer Purwokerto. Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 3(1), 184–193. https://doi.org/10.61132/mars.v3i1.675

Gustientiedina, G., Adiya, M. H., & Desnelita, Y. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i1.2019.17-24

Khumairo’, H., Hersiyah, H., & Mashudi, M. (2025). Peran UMKM Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pendapatan Di Indonesia. Ekonomipedia: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://journals.gesociety.org/index.php/ekonomipedia/article/view/274

Kusyadi, I., Putri, M. A., Satria, M. B., & Trihapningsari, D. (2025). Implementation of the K-Means Algorithm to Determine the Classification of River Water Quality in Jakarta Based on Chemical Parameters. Proceeding International Seminar of Science and Technology, 4, 102–109. https://doi.org/10.33830/isst.v4i1.5236

Nabila, Z., Isnain, A. R., Permata, P., & Abidin, Z. (2021). Analisis Data Mining untuk Clustering Kasus COVID-19 di Provinsi Lampung dengan Algoritma K-Means. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2). https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/868

Wahyuni, S. (2024). Digital Marketing Strategy on Increasing Transaction Volume in MSMEs in the Post-Pandemic Era. International Journal of Economics and Management Research, 3(3), 450–461. https://doi.org/10.55606/ijemr.v3i3.503

Suyadi, S., Syahdanur, S., & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis - Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2736

Valentina, M. febri, Putri suci guntari, Sella Jofilla, Abdul gani, Ecsa Triyadi Ramadon, M. Ammar Albarra, & Pujianto. (2025). Penerapan Algoritma K-Means Clustering untuk Analisis Pola Penjualan Toko Kue dengan RapidMiner. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.24127/ilmukomputer.v6i1.7768

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590

Diterbitkan

2025-09-15

Cara Mengutip

Putri, M. A., Trihapningsari, D., Basri, H., Julianto, M. B. S., & Kusyadi, I. (2025). Segmentasi persepsi dampak media sosial pada UMKM menggunakan K-Means. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(2), 105–113. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1188