Pengembangan website ujian tes TOEFL pada Lembaga Kursus “Plug-in”

Penulis

  • Arya Bima Wijaya Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas AKI Semarang, Semarang, 50139, Indonesia
  • Yohana Tri Widayati Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas AKI Semarang, Semarang, 50139, Indonesia
  • Satrio Agung Prakoso Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas AKI Semarang, Semarang, 50139, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1189

Kata Kunci:

kontrol pemutaran audio, metode scrum, perhitungan skor, sistem ujian TOEFL, ujian berbasis web

Abstrak

Tes TOEFL adalah standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Penelitian ini mengembangkan sistem ujian TOEFL berbasis web di Kursus Plug-in menggunakan metode Scrum untuk mengatasi kekurangan sistem lama, seperti kontrol audio, akurasi skor, dan pencatatan hasil yang kurang detail. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Scrum diterapkan dalam tiga sprint yang berfokus pada navigasi listening, perhitungan skor, dan pencatatan jawaban. Fitur pemutaran audio sekali, timer, penghitungan skor otomatis, dan tampilan hasil terperinci berhasil diimplementasikan. Pengujian menunjukkan sistem stabil dan akurat sesuai standar TOEFL. Sistem ini meningkatkan efisiensi, keadilan, dan pengalaman pengguna dalam ujian TOEFL digital. Saran pengembangan meliputi pengujian lebih luas, optimalisasi UI/UX, fitur ekspor data, dan pencatatan jawaban lebih detail untuk analisis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, M., Amru, A., Rafiqa, S. F., & Safriadi, S. (2024). Implementasi algoritma fisher-yates untuk pengacakan dinamis soal TOEFL dalam ujian online berbasis web. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 7(5), 1286–1291. https://doi.org/10.32672/jnkti.v7i5.8086

Diraja, Z. (2018). Pembangunan aplikasi simulasi tes TOEFL berbasis web [Universitas Esa Unggul]. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-10082-jurnal.Image.Marked.pdf

Febriansyah, M. R., & Voutama, A. (2024). Rancang bangun sistem ujian online berbasis website menggunakan metode waterfall. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2640–2647. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9563

Khazanah, D. P. N., & Purnama, G. (2024). Perancangan sistem ujian online menggunakan metode pengembangan Waterfall berbasis web. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 2332–2339. https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9475

Khoirurrizal, M. F., Hidayat, C. R., & Ruuhwan, R. (2024). Analisis perbandingan framework front-end Javascript Solidjs dan Vuejs pada pengembangan website interaktif. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4106

Lubis, L. R., & Irmayana, A. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa IPTS dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL. Jurnal Education and Development, 7(3), 118. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202

Marbun, Y. Y., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan aplikasi TOEFL sebagai media pelatihan Bahasa Inggris berbasis web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 83. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.83-92

Maulana, C., & Lubis, I. A. (2022). Students’ problem of taking TOEFL test at STMIK Royal Academic year 2020/2021. Journal of Science and Social Research , 5(1), 5. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.811

Noveandini, R., Wulandari, M. S., & Hakim, A. (2023). Penerapan Metode Scrum pada rancang bangun sistem informasi penjualan Toko Sepatu Rabbani Shoes. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 192–198. https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3454

Nurmasani, A., Kurniawan, F. D., Hartanto, A. D., & Fajri, I. N. (2024). Penerapan Metode Scrum pada pengembangan sistem informasi pencatatan magang. Information System Journal, 7(01), 34–44. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2024v7i01.1616

Oktapianti, S. (2024). TOEFL score of Tadris Chemistry students at UIN Antasari in achievement of CEFR standard. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i1.11417

Pauzi, Y., & Kharisma, I. L. (2025). Pengembangan website ujian online pada SMP Putra Perintis . MAJU: Indonesian Journal of Community Empowerment, 2(1), 153–165. https://doi.org/10.62335/cqex4k29

Sanjaya, H. R., Situmorang, L., M Syahrul, Kalmany, L., & Pamungkas, R. W. P. (2025). Pengembangan sistem ujian online berbasis mobile dengan Agile-Scrum untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 60–69. https://doi.org/10.69916/jkbti.v4i1.209

Tumbade, M. O., Hartomo, K. D., & Purnomo, H. D. (2024). Pengembangan perangkat lunak berbasis website menggunakan kombinasi Metode Scrum dan V-Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(3), 447–460. https://doi.org/10.25126/jtiik.938456

Wijaya, R. I., Usman, M. L. L., Wibowo, F. M., & Gustalika, M. A. (2024). Rancang bangun sistem infromasi tracer study berbasis website menggunakan Metode Scrum (studi kasus: Institut Tekologi Telkom Purwokerto). Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED), 2(1), 10–20. https://doi.org/10.20895/jasmed.v2i1.1235

Diterbitkan

2025-09-01

Cara Mengutip

Wijaya, A. B., Widayati, Y. T., & Prakoso, S. A. (2025). Pengembangan website ujian tes TOEFL pada Lembaga Kursus “Plug-in”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 19(2), 95–104. https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1189