Pengembangan website ujian tes TOEFL pada Lembaga Kursus “Plug-in”
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1189Kata Kunci:
kontrol pemutaran audio, metode scrum, perhitungan skor, sistem ujian TOEFL, ujian berbasis webAbstrak
Tes TOEFL adalah standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Penelitian ini mengembangkan sistem ujian TOEFL berbasis web di Kursus Plug-in menggunakan metode Scrum untuk mengatasi kekurangan sistem lama, seperti kontrol audio, akurasi skor, dan pencatatan hasil yang kurang detail. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Scrum diterapkan dalam tiga sprint yang berfokus pada navigasi listening, perhitungan skor, dan pencatatan jawaban. Fitur pemutaran audio sekali, timer, penghitungan skor otomatis, dan tampilan hasil terperinci berhasil diimplementasikan. Pengujian menunjukkan sistem stabil dan akurat sesuai standar TOEFL. Sistem ini meningkatkan efisiensi, keadilan, dan pengalaman pengguna dalam ujian TOEFL digital. Saran pengembangan meliputi pengujian lebih luas, optimalisasi UI/UX, fitur ekspor data, dan pencatatan jawaban lebih detail untuk analisis.
Unduhan
Referensi
Abdi, M., Amru, A., Rafiqa, S. F., & Safriadi, S. (2024). Implementasi algoritma fisher-yates untuk pengacakan dinamis soal TOEFL dalam ujian online berbasis web. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 7(5), 1286–1291. https://doi.org/10.32672/jnkti.v7i5.8086
Diraja, Z. (2018). Pembangunan aplikasi simulasi tes TOEFL berbasis web [Universitas Esa Unggul]. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-10082-jurnal.Image.Marked.pdf
Febriansyah, M. R., & Voutama, A. (2024). Rancang bangun sistem ujian online berbasis website menggunakan metode waterfall. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2640–2647. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9563
Khazanah, D. P. N., & Purnama, G. (2024). Perancangan sistem ujian online menggunakan metode pengembangan Waterfall berbasis web. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 2332–2339. https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9475
Khoirurrizal, M. F., Hidayat, C. R., & Ruuhwan, R. (2024). Analisis perbandingan framework front-end Javascript Solidjs dan Vuejs pada pengembangan website interaktif. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4106
Lubis, L. R., & Irmayana, A. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa IPTS dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL. Jurnal Education and Development, 7(3), 118. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202
Marbun, Y. Y., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan aplikasi TOEFL sebagai media pelatihan Bahasa Inggris berbasis web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 83. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.83-92
Maulana, C., & Lubis, I. A. (2022). Students’ problem of taking TOEFL test at STMIK Royal Academic year 2020/2021. Journal of Science and Social Research , 5(1), 5. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.811
Noveandini, R., Wulandari, M. S., & Hakim, A. (2023). Penerapan Metode Scrum pada rancang bangun sistem informasi penjualan Toko Sepatu Rabbani Shoes. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 192–198. https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3454
Nurmasani, A., Kurniawan, F. D., Hartanto, A. D., & Fajri, I. N. (2024). Penerapan Metode Scrum pada pengembangan sistem informasi pencatatan magang. Information System Journal, 7(01), 34–44. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2024v7i01.1616
Oktapianti, S. (2024). TOEFL score of Tadris Chemistry students at UIN Antasari in achievement of CEFR standard. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i1.11417
Pauzi, Y., & Kharisma, I. L. (2025). Pengembangan website ujian online pada SMP Putra Perintis . MAJU: Indonesian Journal of Community Empowerment, 2(1), 153–165. https://doi.org/10.62335/cqex4k29
Sanjaya, H. R., Situmorang, L., M Syahrul, Kalmany, L., & Pamungkas, R. W. P. (2025). Pengembangan sistem ujian online berbasis mobile dengan Agile-Scrum untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 60–69. https://doi.org/10.69916/jkbti.v4i1.209
Tumbade, M. O., Hartomo, K. D., & Purnomo, H. D. (2024). Pengembangan perangkat lunak berbasis website menggunakan kombinasi Metode Scrum dan V-Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(3), 447–460. https://doi.org/10.25126/jtiik.938456
Wijaya, R. I., Usman, M. L. L., Wibowo, F. M., & Gustalika, M. A. (2024). Rancang bangun sistem infromasi tracer study berbasis website menggunakan Metode Scrum (studi kasus: Institut Tekologi Telkom Purwokerto). Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED), 2(1), 10–20. https://doi.org/10.20895/jasmed.v2i1.1235
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.
 
						 
							 
			
		 
			 
			 
				








