Model ADDIE dan Waterfall sebagai framework pengembangan media pembelajaran (studi kasus: media pembelajaran sistem peredaran darah)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i2.1203Kata Kunci:
ADDIE, efektivitas belajar, media pembelajaran, research and development, waterfallAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan framework integrasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan Waterfall. Model ADDIE dipilih karena keunggulannya dalam aspek pedagogis, sementara Waterfall diintegrasikan untuk mengakomodasi kebutuhan teknis dalam pengembangan perangkat lunak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan produk berupa media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli, angket respons pengguna, serta tes hasil belajar. Hasil validasi ahli dari unsur guru pendidikan biologi dan akademisi bidang komputer menunjukkan skor rata-rata sebesar 92% yang berada pada kategori sangat layak. Respons pengguna yang melibatkan 150 siswa dan guru mata pelajaran biologi memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Efektivitas media pembelajaran ditunjukkan melalui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari nilai pre-test 62 menjadi post-test 86, dengan nilai N-Gain sebesar 0.63 (kategori sedang). Hasil ini membuktikan bahwa framework ADDIE–Waterfall mampu menghasilkan media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, serta berpotensi untuk diterapkan pada pengembangan media pembelajaran di berbagai bidang studi.
Unduhan
Referensi
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Gall, M. D. ., Gall, J. P. ., & Borg, W. R. . (2003). Educational Research: An Introduction. Allyn and Bacon.
Habibi, A. R., & Agustini, R. (2022). Validity of Learning Media in Reaction Rate Material. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 6(1), 8–13. https://doi.org/10.26740/jcer.v6n1.p8-13
Kayande, Prof. (Dr. ) P. S., & Phadnis, Mr. S. (2024). A Study on the Software Development Life Cycle–Waterfall Model at a Aviation Management Consultant. Indian Journal of Software Engineering and Project Management, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.54105/ijsepm.A9019.014124
Navarrete, J., Giaconi, V., Contador, G., & Vazquez, M. (2024). Another Reason Why Normalized Gain Should Continue to be Used to Analyze Concept Inventories (and Estimate Learning Rates). ArXiv.
Pressman, R. S. ., & Maxim, B. R. . (2020). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill Education.
Riduwan. (2023). Dasar-Dasar Statistika (17th ed.). Alfabeta.
Saravanos, A., & Curinga, M. X. (2023). Simulating the Software Development Lifecycle: The Waterfall Model. Applied System Innovation, 6(6), 108. https://doi.org/10.3390/asi6060108
Sommerville, Ian. (2016). Software engineering. Pearson.
Wan Ali, W. N. A., & Wan Yahaya, W. A. J. (2023). Waterfall-ADDIE Model: An Integration of Software Development Model and Instructional Systems Design in Developing a Digital Video Learning Application. Asean Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 15(1), 1–28. https://doi.org/10.17576/ajtlhe.1501.2023.01
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.