Measureable Organization Value (MOV) pada Implementasi Sistem Informasi Manajemen Mutu Sekolah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v11i2.189Kata Kunci:
efisiensi, informasi, jaminan mutu, kinerja, measureable, organization, sistem, valueAbstrak
Implementasi produk sistem informasi pada sebuah organisasi dapat dikategorikan berhasil apabila dapat mencapai measureable organizational value (MOV). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ketercapaian MOV pada implementasi Sistem Informasi Manajemen Mutu Sekolah. MOV statement yang dijadikan rujukan keberhasilan implementasi sistem informasi adalah efisiensi kinerja sumber daya manusia meningkat 50% setelah enam bulan. Subjek penelitian adalah lima sekolah yang belum mengakuisisi sistem informasi dalam pengelolaan jaminan mutu organisasi. Objek yang diteliti adalah peningkatan kinerja sumber daya manusia sesudah implementasi sistem informasi manajemen mutu sekolah. Penelitian menggunakan teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Skenario implementasi produk sistem informasi adalah Direct Cutover. Data mengenai kinerja sumber daya manusia dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efisiensi kinerja sumber daya manusia dalam mengelola jaminan mutu sekolah sebesar 59,25% dari bulan 0 hingga bulan 6. Sekolah perlu meningkatkan aspek satisfaction dengan cara meningkatkan aspek usefulness, efficiency, dan effectivity melalui perbaruan kecil pada sistem dan regulasi-regulasi. Sistem informasi manajemen mutu sekolah dapat terus digunakan karena MOV telah tercapai.
Unduhan
Referensi
Gharaibeh, S.M.A.A.L. 2013. The Impact of Management Information Systems on the Performance of
Governmental Organizations - Study at Jordanian Ministry of Planning. International Journal of Business and Social Science, 4(17), 101-109.
Herlambang, A.D., Syafrudie, H.A., & Sutadji, E. 2014. Pembelajaran Pembuatan Halaman Web Dinamis Tingkat Dasar di SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 200-220.
ISO 9001:2008. 2008. https://www.iso-9001-checklist.co.uk/tutorial/8.5.1-continual-improvement.htm. [Diakses 22 Juli 2017]
Joo, S. 2010. How Are Usability Elements - Efficiency, Effectiveness, and Satisfaction - Correlated With Each Other in The Context of Digital Libraries? Proceedings of 73rd ASIS&T Annual Meeting. 22-27 Oktober, Pittsburgh, PA, USA. 1-2.
Kahveci, T.C., Uygun, O., Yurtsever, U., & Ilyas, S. 2012. Quality Assurance in Higher Education Institutions using Strategic Informastion System. International Conference on New Horizons in Educations (INTE2012). 5-7 Juni, Prague, Czech Republic. 161-167.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2017 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. [pdf] Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Teresdia di:< http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17-2010Lengkap.pdf > [Diakses 1 Juli 2017].
Lipaj, V., & Davidaviciene, V. 2013. Influence of Information Systems on Business Performance. Science – Future of Lithuania/ Mokslas – Lietuvos Ateitis, 5(1), 38-45.
Lund, A. M. 2001. Measuring Usability with the USE Questionnaire. Usability Interface, 8(2), 3-6.
Marchewka. 2015. Information Technology Project Management: Providing Measurable Organizational Value. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Moullin, M. 2002. Delivering Excellence in Health and Social Care.Buckingham: Open University Press.
Neely, A.D., Adams, C. and Kennerley, M. 2002. The Performance Prism: The Scorecard for Measuring and Managing Stakeholder Relationships. London: Financial Times/Prentice Hall.
Office of the Chief Information Officer (OCIO) Enterprise Architecture Program. 2007. Treasury IT Performance Measures Guide. U.S. Department of the Treasury.
Recker, J. 2013. Scientific Research in Information Systems. New York: Springer.
Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Universitas Negeri Malang.
Susilo, P.H., Tuwoso, & Larasati, A. 2016. Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Digital Berbasis Web di SMK Widyagama Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 971-977.
Wallace, P. 2015. Introduction to Information Systems: Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.