Pengaruh Iklan dan Public Relation terhadap Citra Institusi dan Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus STIKI Malang sebagai Tempat Studi

Pengaruh Iklan dan Public Relation terhadap Citra Institusi dan Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus STIKI Malang sebagai Tempat Studi

Penulis

  • Yekti Asmoro Kanthi STIKI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v12i1.230

Kata Kunci:

periklanan, relasi umum, citra institusi, keputusan untuk memilih tempat studi

Abstrak

Periklanan dan public relation merupakan salah satu strategi pemasaran penerimaan mahasiswa baru di kampus STIKI Malang. Kedua strategi tersebut digunakan agar tepat sasaran dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang semakin cangih diimbangi tingkat persaingan antar institusi pendidikan yang semakin meningkat. Media pemasaran diharapkan memberikan suatu kontribusi terhadap citra institusi dan keputusan pemilihan tempat studi lanjut bagi calon mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Respondent dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIKI Malang angkatan 2016 sebanyak 250 orang di empat program studi yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informasi dan Desain Komunikasi Visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap citra institusi, public relation berpengaruh signifikan terhadap citra institusi, iklan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi, public relation berpangaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi dan citra institusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Assael. (2002). Consumer Behavior. New Jersey: Prentice - Hall, Inc.
Dewanti, R., Ismail, I., Tasrihanto, M. J., & Prabowo, d. A. (2010). Analysis Of Influence Brand Trust And Brand Image Towards Purchase Decision The Private Label Product and Their Impact On Brand Loyality. International Journal of Bussiness Management 2 (2), pp : 1 - 19 .
Jefkins, F. d. (2004). Public Relation Alih Bahasa : Haris Munandar. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti.
Khasanah, I. (2011). Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. Jurnal Asset 13 (1), pp : 155-163.
Kotler, P. a. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga .
Kotler, P. d. (2006). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.
Kuncoro, R. d. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : Alfabeta.
Pujiyanto. (2001). Periklanan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rochaety, E. R. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media .
Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada .
Singarimbun, M. d. (2008). Metode Penelitian Survei (Cetakan Ke Sembilan Belas). Jakarta : LP3ES.
Sudjana. (2002). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi . Bandung : Tarsito.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sutojo, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan . Jakarta: Damar Mulia Pustaka .
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Andy Offset .
Wijaya, M. (2013). Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. EMBA 1 (4), pp : 105 - 114.

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-11