Pengaruh Iklan dan Public Relation terhadap Citra Institusi dan Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus STIKI Malang sebagai Tempat Studi
Pengaruh Iklan dan Public Relation terhadap Citra Institusi dan Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus STIKI Malang sebagai Tempat Studi
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v12i1.230Kata Kunci:
periklanan, relasi umum, citra institusi, keputusan untuk memilih tempat studiAbstrak
Periklanan dan public relation merupakan salah satu strategi pemasaran penerimaan mahasiswa baru di kampus STIKI Malang. Kedua strategi tersebut digunakan agar tepat sasaran dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang semakin cangih diimbangi tingkat persaingan antar institusi pendidikan yang semakin meningkat. Media pemasaran diharapkan memberikan suatu kontribusi terhadap citra institusi dan keputusan pemilihan tempat studi lanjut bagi calon mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Respondent dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIKI Malang angkatan 2016 sebanyak 250 orang di empat program studi yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informasi dan Desain Komunikasi Visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap citra institusi, public relation berpengaruh signifikan terhadap citra institusi, iklan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi, public relation berpangaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi dan citra institusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STIKI sebagai tempat studi.
Unduhan
Referensi
Dewanti, R., Ismail, I., Tasrihanto, M. J., & Prabowo, d. A. (2010). Analysis Of Influence Brand Trust And Brand Image Towards Purchase Decision The Private Label Product and Their Impact On Brand Loyality. International Journal of Bussiness Management 2 (2), pp : 1 - 19 .
Jefkins, F. d. (2004). Public Relation Alih Bahasa : Haris Munandar. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti.
Khasanah, I. (2011). Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. Jurnal Asset 13 (1), pp : 155-163.
Kotler, P. a. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga .
Kotler, P. d. (2006). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.
Kuncoro, R. d. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : Alfabeta.
Pujiyanto. (2001). Periklanan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rochaety, E. R. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media .
Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada .
Singarimbun, M. d. (2008). Metode Penelitian Survei (Cetakan Ke Sembilan Belas). Jakarta : LP3ES.
Sudjana. (2002). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi . Bandung : Tarsito.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sutojo, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan . Jakarta: Damar Mulia Pustaka .
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Andy Offset .
Wijaya, M. (2013). Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. EMBA 1 (4), pp : 105 - 114.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.