Rancang Bangun Media Informasi Interaktif Berbasis Desktop sebagai media informasi Program Studi STMIK STIKOM Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v11i1.34Kata Kunci:
Media Informasi, Teknik Informatika, Sistem Komputer, STIKI IndonesiaAbstrak
. STIKI Indonesia adalah salah satu kampus favorit yang berada di pulau Bali yang mengajarkan tentang aplikasi dari beberapa bidang ilmu yang berbasis komputer. STIKI Indonesia bernaung di bawah KOPERTIS wilayah VIII yang memiliki tujuan menciptakan generasi muda yang kreatif, cerdas dan bermanfaat. Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) dan Program Studi (Prodi) Sistem Komputer (SK) adalah dua Program Studi yang dimiliki STMIK STIKOM Indonesia (STIKI Indonesia), yang tersedia untuk calon mahasiswa yang berasal dari SMA, SMK dan Sekolah sederajat di Indonesia. Namun, yang terjadi selama ini adalah adanya kesenjangan sumber informasi tentang program studi sehingga terjadi pergeseran pemahaman pada masyarakat, khususnya pada kurikulum yang ditawarkan dan lingkungan belajar kampus.
Dari hasil pengamatan secara langsung didapatkan sebuah temuan yaitu kurangnya pengetahuan marketingship para pelaku kegiatan marketing STIKI Indonesia mengenai kehidupan kampus, terutama informasi terkait program studi. Hal ini mengakibatkan kurangnya pengetahuan calon mahasiswa tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi di lingkungan kampus STIKI Indonesia. Sebagian besar calon mahasiswa memiliki kecenderungan memilih datang ke kampus STIKI Indonesia untuk mengetahui secara langsung profil Prodi TI dan SK dibanding hanya mengetahui melalui media informasi dan promosinya. Sayangnya, karyawan yang berinteraksi langsung dengan calon mahasiswa―yang bekerja di bagian front office―memiliki pengetahuan yang beragam, dikarenakan pengalaman yang berbeda, sehingga terjadi degradasi informasi. Informasi yang disampaikan ke calon mahasiswa pun berbeda. Antara bagian front office dengan bagian marketing juga memiliki ketidaksesuaian informasi terkait tentang Prodi secara spesifik. Hal tersebut dapat menyebabkan tidak tersampaikannya satu konsep yang jelas tentang berbagai informasi terkait program studi. Perlu adanya suatu media yang menjembatani keseragaman konsep penyampaian informasi oleh marketing dan front office.
Multimedia Interaktif berbasis desktop yang ditempatkan di bagian Front Office merupakan salah satu solusi yang dapat diwujudkan. Multimedia interaktif ini dapat menyertakan media audio visual yang bersifat interaktif sehingga informasi dapat disampaikan secara langsung kepada responden. Dengan bantuan multimedia interaktif ini pihak front office tidak akan kesulitan untuk mensosialisasikan informasi kampus dalam kondisi dimana calon mahasiswa datang ke kampus dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga sulit ditangani dengan baik. Dari uraian di atas maka penelitian tentang produk multimedia interaktif dapat dilaksanakan sehingga dalam penelitian ini penulis mengambil judul "Rancang Bangun Media Informasi Interaktif Berbasis Desktop Sebagai Media Informasi Program Studi STMIK STIKOM Indonesia".
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.