Peningkatan Performansi Rumah Sakit Melalui Rekomendasi Sistem Berbasis Fuzzy-Mamdani dengan Pemanfaatan Grafik Barber-Johson
Kata Kunci:
Pelayanan rumah sakit, Barber Johnson, Logika Fuzzy, MamdaniAbstrak
Persaingan akan pelayanan rumah sakit di Indonesia sekarang ini sudah seperti menjadi persaingan bisnis antar perusahaan, dimana rumah sakit saling berlomba - lomba untuk memberikan pelayanan terbaiknya dan berlomba – lomba untuk mengikuti standar mutu pelayanan secara nasional seperti hal-nya akreditasi sampai dengan standar mutu pelayanan secara internasional seperti ISO (International Standard Organization). Maka dari itu diperlukan sebuah teknik manajemen salah satunya adalah Barber-Johnson yang digunakan untuk mengetahui idealnya pemakaian kasur pada rawat inap. Tetapi dalam kenyataannya barber-johnson tidak bisa digunakan secara langsung sehinggaperlu modifikasi, salah satunya adalah dengan teknik logika fuzzy dengan inferensi mamdani. Sehingga peramalan jumlah tempat tidur yang harus disediakan mencapai nilai keakurasian 90%.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.