Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Berbasis Website untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v15i1.563Kata Kunci:
Four-Tier; Miskonsepsi; Web, Four-Tier, Miskonsepsi, WebAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan four-tier diagnostic test berbasis web untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMP pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun dalam penelitian hanya dibatasi sampai tahap Development karena tujuan penelitian sudah tercapai. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli media. Data penelitian meliputi data kuantitatif berupa evaluasi validator serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak. Produk yang dihasilkan memiliki dua bagian utama, yaitu four-tier diagnostic test dan data hasil analisis four-tier diagnostic test
Unduhan
Referensi
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer.
Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostik Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 41–49.
Fitria, A. (2014). Miskonsepsi Mahasiswa dalam Menentukan Grup pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. JPM IAIN Antasari, 01(2), 45–60.
Gurel, D. K., Eryılmaz, A., & Mcdermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students ’ Misconceptions in Science. Eurasia Joural of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 989–1008.
Kamilah, D. S. & Suwarna, I.P. 2016. Pengembangan Three-Tier Digital untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis. EDUSAINS, 8(2), 212-220.
Kusairi, S., et. al. 2017. Web-Based Diagnostic Test: Introducing Isomorphic Items to Assess Students’ Misconceptions and Error Patterns. Chemistry: Bulgarian Journal of Science Education, 26(4), 2017. 526-539.
Maison, Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Identification of Misconception of High School Students on Temperature and Calor Topic Using Four-Tier Diagnostic Instrument. EDUSAINS, 11(2), 195–202.
Ni’mah, S. M., et. al. 2019. Profil Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Pembelajaran Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4(5), 586-592.
Öz, H., & Özturan, T. (2018). Computer-Based and Paper-Based Testing : Does The Test Administration Mode Influence The Reliability and Validity of Achievement Tests ?. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(1), 67–85.
Purnanto, A. W., Suryawan, A., Andriani, A., & Darwiastuti, B. R. (2018). Studi Eksplorasi dan Analisis Kebutuhan Terhadap Tes Berbasis Komputer. The 7th Research Colloqium 2018 STIKES PKU Mhammadiyah Surakarta, 291–297.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wardana, R. W. & Maison. 2019. Description students’ conception and knowledge structure on electromagnetic concept. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1185 012050.
Zaleha, Z., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 3(1), 36–42.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.