Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.611Kata Kunci:
website, Pengaduan Masyarakat, Kecamatan Medan AmplasAbstrak
Semakin majunya penggunaan teknologi informasi, sudah semestinya setiap instansi pemerintah berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dalam pelayanan pengaduan masyarakat adalah bentuk partisipasi pemerintah untuk membangun dan mengawasi kinerja instansi pemerintah dalam melayani masyarakat. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan dimana masyarakat masih sulit menyampaikan keluhan yang ada di lingkungan mereka terhadap pemerintah setempat. Sehingga orang yang tidak mengerti menyebarkan keluhannya di tempat yang salah. Oleh sebab itu, perlu adanya sistem layanan pengaduan masyarakat berbasis website sebagai ruang aspirasi yang dapat diakses dengan mudah. Perancangan website menggunakan metode Waterfall, dibangun dengan bahasa skrip Sublime Text 3, PHP serta Xampp 7.4.6 sebagai database-nya, dan pengujian sistem menggunakan blackbox testing sehingga membuat sistem informasi berbasis website sebagai sarana untuk memenuhi aspirasi publik yang relevan dan tersedia di Internet.
Unduhan
Referensi
Hardiansah, Safi’i, I., Suryono, S., Ciptaningrum, W., & Primandaru, R. R. (2017). RANCANGAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING ( Studi kasus : Kabupaten Ngawi ). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 32, 7–12.
Mahdias, H. Z., Aryadita, H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 167–176.
Mursalim, S. W. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PENGADUAN SISTEM LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ), XV(1), 1–17.
Rohmatun, S., Widihastuti, I., & Khosyi, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 2(2), 111–123.
Sari, D. M., & S, A. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN WISATA BAHARI BERBASIS WEBSITE KABUPATEN MAJENE. 13(2).
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.