Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen Pendidikan Agama Islam Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus Di Universitas Kaltara)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i1.649Kata Kunci:
tingkat kepuasan; Fuzzy C-Means; GUI MATLABAbstrak
Universitas Kaltara (Unikaltar) merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Kalimantan Utara. Unikaltar melakukan upaya pengembangan salah satunya berfokus pemantapan mutu manajemen dan sumber daya manusia. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dosen dalam mengajar khususnya pendidikan Agama Islam di Unikaltar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dosen dalam mengajar pendidikan Agama Islam di Unikaltar. Adapun metode yang digunakan adalah algoritma Fuzzy C-Means berbantu GUI MATLAB. Tahapan metode penelitian yang akan dilakukan meliputi pengumpulan data, input data, Uji Validitas dan Reliabilitas, pengklasteran data menggunakan algoritma Fuzzy C-Means berbantu GUI MATLAB,serta menganalisis output menjadi dua kelompok yaitu kelompok C1 (Tidak Puas) dan kelompok C2 (Puas). Didapatkan tingkat kepuasan di semester Ganjil tergolong tinggi dimana jumlah kelompok C1 (27%) dan kelompok C2 (73%), sedangkan tingkat kepuasan di semester Genap tergolong tinggi juga dimana jumlah kelompok C1 (30%) dan kelompok C2 (30%).
Unduhan
Referensi
2. Azhari, Suprihatin. 2017. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen dalam Mengajar Mata Kuliah K3 di Jurusan Analisis Kesehatan. Jurnal Husada Mahakam. Vol. IV, No.4, hh. 195-205.
3. Jindal, K., Sharma, M & Sharma, Dr, B.K. 2014. Data mining to support Decision Process in Decision support system. International Journal of Emerging Technology dan Advanced Engiinering. Vol. 4, Special Issue 1.
4. Kasmari, Marlien, R.A. 2018. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Universitas Stikubank Semarang. Dinamika Teknik. Vol. XI, No.1, hh. 22-38.
5. Kemala, R.F., Astuti, I.F., Maharani, S. 2019. Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOELF (Test Of English As a Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus : Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 14, No. 1, Hal. 17-20.
6. Kurniawan, R & Haqiqi, B.N. 2015. Pengelompokan Menggunakan Metode Subtractive Fuzzy C-Means (SFCM), Studi Kasus Demam Berdarah Di JawaTimur. Statistika, Vol. 3, No. 2, hh. 22-30.
7. Nidyashofa, Nurika & Istiawan, Deden. 2017. Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Berdasarkan Status Kesejahteraan Tahun 2015. URECOL, hh. 23-29.
8. Ridwan, Rismanto., I, Fahrur Rozi & A. Prasetyo. 2017. Implementasi Fuzzy C-Means untuk Prediksi Perilaku Mahasiswa berdasarkan Jumlah Ketidakhadiran. SMARTICS. Vol. 3, No. 2, hh. 39-45.
9. Sahu, H, Sharma, S & Gondhalakar, S.A. 2012. Brief Overview on Data mining Survey. International Journal of Computer Technology dan Electronics Engineering (IJTEE). Vol. 1, Issue 3.
10. Tan, P. N., Steinbach, M, & Kumar, V. 2006. Introduction to Data Mining. Boston : Pearson Education.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.