Penerapan Data Mining Untuk Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus: STMIK Primakara)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v16i2.761Kata Kunci:
Penilaian Kinerja dosen, KDD, Data mining clustering, K-Means, DBIAbstrak
ABSTRAK. Penilaian kinerja dosen adalah suatu proses dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja dosen dan mengevaluasi output pekerjaan dosen. Penelitian ini dilakukan untuk mengkelompokkan kinerja dosen dengan memanfaatkan teknik data mining. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan memberikan informasi dan evaluasi kepada dosen dan sebagai bahan mengambil keputusan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Knowledge Discovery in Database (KDD), yang terdiri dari tahapan: Data Selection, Preprocessing/Cleaning, Transformation Data, Data mining, dan Enterpretation/Evaluation. Penerapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma K-Means Clustering. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menganalisis dan mengelompokkan kinerja dosen diawali dengan penentuan nilai centroid dari titik pusat secara acak. Proses algoritma K-Means berakhir jika tidak ada perubahan nilai centroid antara satu iterasi dengan iterasi lainnya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi RapidMiner Studio 9.10 dan menggunakan evaluasi Davies-Bouldin Index (DBI)dengan data input 983 data mahasiswa, sehingga hasil yang diperoleh dari penilaian kinerja dosen berdasarkan kepuasaan mahasiswa yaitu cluster sangat baik 312 (31,74%) data mahasiswa, cluster baik 401 (40,79%) data mahasiswa, cluster cukup baik 189 (19,23%) data mahasiswa, dan cluster kurang baik 81 (8,24%) data mahasiswa. Dan hasil DBI sebesar 0,270 atau 27%, sehingga tingkat akurasi dari hasil cluster termasuk baik, karena nilai DBI sudah mendekati nol.
Kata Kunci: Penilaian kinerja dosen, KDD, Data mining Clustering, K-Means, DBI
Unduhan
Referensi
Parlambang, Bagas, and Fauziah. 2020. “Implementasi Algoritma K-Means Dalam Proses Penilaian Kuesioner Kepada Dosen Guna Mendukung Kepuasan Mahasiswa Terhadap Dosen.” Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa 25(2):161–73. doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2719.
Puspita, Mita, I. Wyn Rinda, and I. Wyn Darsana. 2014. “Kinerja Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Pada Gugus 7 Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan.” Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014) 2.
Toyib, Rozali, and Surya Ade Saputera. 2019. “Aplikasi Sistem Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Decision Tree Menggunakan Algoritma ID3 ( Studi Kasus SLTP Negeri 3 Marga Sakti Bengkulu Utara ).” JTIS, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019 ISSN : 2614 – 3070, E-ISSN : 2614 – 3089 2:1–7.
Virgo, Ismail, Sarjon Defit, and Yuhandri Yunus. 2020. “Klasterisasi Tingkat Kehadiran Dosen Menggunakan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus Institut Agama Islam Batusangkar).” Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi 2(1):24–29. doi: 10.37034/jsisfotek.v2i1.22.
Wafa, Moh. Shohibul. 2013. “Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 1:1–117.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.