Penerapan Model Business Intelligence Pada Perusahaan Retail XLT Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran
PENERAPAN MODEL BUSINESS INTELLIGENCE PADA PERUSAHAAN RETAIL XLT UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.893Kata Kunci:
Data, Business Intelligence, Marketing StrategyAbstrak
Data is something valuable, so PT XLT began to focus on good data processing. Such data includes sales data, purchase data, customer data, and other operational data that are useful for making decisions in determining marketing strategies. Currently, the marketing team in carrying out marketing strategies is only based on intuition and minimal information. Business Intelligence (BI) is one of the solutions for company needs in analyzing and providing information. In this study, researchers will design and build BI dashboards to support marketing strategies at XLT companies. This study aims to apply BI to companies and create reporting dashboards to assist the marketing team in making decisions. The results of this study are to present the information needed by the marketing team in the decision-making process to improve marketing strategies at XLT companies. Decision making is based on the implementation of the marketing mix strategy which contains the 4P components, namely: Price (Price), Product (Product), Place (Distribution), and Promotion (Promotion).
Unduhan
Referensi
Akbar, Muhammad, and Yuri Rahmanto. 2020. “Desain Data Warehouse Penjualan Menggunakan Nine Step Methodology Untuk Business Intelegency Pada Pt Bangun Mitra Makmur.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 1(2): 137–46.
Ariani, Tiara Retno, Ken Ditha Tania, and Dwi Rosa Indah. 2016. “Penerapan Business Intelligence Pada Sistem Informasi Penjualan Barang PT. WINSA (STUDI KASUS DI PT. WINSA PALEMBANG).” Jurnal Sistem Informasi: 103–10.
B.Kusuma. 2020. The Use of Business Intelligence System in Healthcare Organizations. Docpalyer.
Berlin, and Yo Ceng Giap. 2020. “Penerapan Business Intelligence Pada CV. Tanggamas Chemichal Dengan Metode OLAP.” Algor 2(1): 57–65.
Dharayani, Ramanti, Kusuma Ayu Laksitowening, and Amarilis Putri Yanuarfiani. 2015. “Implementasi ETL ( Extract , Transform , Load ) Pangkalan Data Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan State-Space Problem.” e-Proceeding of Engineering Vol.2, No.(2355–9365): 1159–65.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1): 33–54.
Indrajani. 2018. Skema Bintang in Database Systems All in One Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: Elex Media Komputindo.
M. Huda. 2019. “Analisis Bisnis Perusahaan Menggunakan Business Intelligence Yang Dilakukan IT Profesional.” in Teknologi Komputer: Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Mempermudah Penyelesaian Tugas dan Pekerjaan yang Dihadapi, Bisakimia: 131.
Putri, Ravensta Rahma. 2018. “Penerapan Business Intelligence Sebagai Pendukung Analisis Produktivitas Karyawan Bagian Penjualan (Studi Kasus : Northwind).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Sanjaya, Erado Fata, Rachmadita Andreswari, and Irfan Darmawan. 2021. “Analisis Perancangan Business Intelligence Dan Dashboard Pada Data Traffic Telekomunikasi Dengan Metode Business Dimensional Lifecycle.” e-Proceeding of Engineering 8(5): 8964–69.
Setyawan, Bintang. 2017. “Power BI Dashboard Visualization and Forecasting Number of Dengue Hemorrhagic Fever Cases in Malang Regency Using Artificial Neural Network Method.” Skripsi: Institut Teknologi Sepuluh Nopember: 15–16. http://repository.its.ac.id/42554/1/5213100011-Undergraduate_Theses.pdf.
Wijaya, Rahmadi, and Bambang Pudjoatmodjo. 2016. “Penerapan Extraction-Transformation-Loading (ETL) Dalam Data Warehouse (Studi Kasus : Departemen Pertanian).” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 5(2): 61.
Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. “Penggunaan Teknologi Internet.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 2(1): 36–52.
Yunistira, Altesa, and Dhomas Hatta Fudholi. 2020. “Analisis Penerapan Model Business Intelligence Pada Aplikasi Payment Point Online Banking Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Aplikasi ApotikKuota).” Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika 7(1): 1–10.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.