Analisis Penggunaan Komik WEB Sebagai Media Berbagi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v17i2.929Kata Kunci:
Komik WEB, MEdia, Berbagi Informasi, Seks, EdukasiAbstrak
WEB comics largely known information aid media among millennials. The objective of this study is to seeks the usage of WEB comics as sharing information tool, especially about sex education for adolescents. Response from high school students will be required as necessary data for this research. Students will be asked questions relating to motives for seeking information, entertainment motives and motives for maintaining relationship, ongoing use and information sharing intentions. The collected data will be analyze using SPPS 23. The data that has been analyzed on continued use dependence (PBK=-1.412) has information seeking motives (MPI=-0.125), entertainment motives (MHN=0.636) and relationship maintenance motives (MPH=0.245) have a close relationship. Meanwhile, the intention to share information (NBI=-1.594) results in information seeking motives (MPI=-0.128), entertainment motives (MHN=0.644) and relationship maintenance motives (MPH=0.249). which is also closely related. It can be concluded that students have more entertainment motives and motives for maintaining relationships than as a search for information media on sustainable use and on the intention to share information.
Unduhan
Referensi
[2] T. Indrayani and N. Namira, “Efektivitas Komik Edukasi terhadap Upaya Pencegahan Kekerasan pada Anak Sekolah Dasar Negeri Penggilingan 09 Pagi Jakarta Timur Tahun 2019,” Maj. Sainstekes, vol. 7, no. 1, pp. 51–57, 2020, doi: 10.33476/ms.v7i1.1429.
[3] M. Iqbal and R. Y. Alamin, “Perancangan Komik Fotografis Berbasis Website sebagai Media Promosi Pariwisata Kabupaten Banyuwangi,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.12962/j23373520.v8i1.37762.
[4] A. Khairan and S. Lutfi, “Pembuatan Website Portal Ekonomi Dan Wisata (Ekowisata) Di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2020, doi: 10.33387/jiko.v3i1.1655.
[5] A. T. Wargadiredja, “Pendapat Orang-Orang Agar Pendidikan Seks di Indonesia Tak Kaku Lagi,” Vice.com, 2017. [Online]. Available: https://www.vice.com/id/article/qkmd5p/pendapat-orang-orang-agar-pendidikan-seks-di-indonesia-tak-kaku-lagi.
[6] A. Putri, “Riset: 84 Persen Remaja Indonesia Belum Mendapatkan Pendidikan Seks,” Health Detik.Com, 2019. .
[7] M. A. Riwanto and M. P. Wulandari, “Efektivitas Penggunaan Media Komik DIgital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi,” J. PANCAR, vol. 2, no. 1, pp. 14–18, 2018.
[8] S. Suparmi, “Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 1, no. 1, pp. 62–68, 2018, doi: 10.24014/jnsi.v1i1.5196.
[9] L. Irawan, E. Yulaini, and J. Januardi, “Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Di Smk Pgri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2019/2020,” J. Neraca J. Pendidik. dan Ilmu Ekon. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 99–107, 2019, doi: 10.31851/neraca.v3i1.3385.
[10] T. Wibowo and E. Elvin, “Usage Of Meme As Information Sharing Media,” J. Ilm. BETRIK Besemah Teknol. Inf. dan Komput., vol. 11, no. 3, pp. 165–171, 2020.
[11] A. Putra and I. F. Milenia, “Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, p. 30, 2021, doi: 10.33365/jm.v3i1.951.
[12] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013.
[13] Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.
[14] K. Hur, T. T. Kim, O. M. Karatepe, and G. Lee, “An exploration of the factors influencing social media continuance usage and information sharing intentions among Korean travellers,” Tour. Manag., vol. 63, pp. 170–178, 2017, doi: 10.1016/j.tourman.2017.06.013.
[15] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.
[16] R. E. Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, Multivariate Data Analysis, 7th ed. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall, 2010.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.