Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410Kata Kunci:
Chatbot, Chatfuel, BisnisAbstrak
Chatbot merupakan aplikasi/layanan yang berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Chatbot bekerja untuk menggantikan peranan manusia dalam melayani pembicaraan melalui aplikasi pesan. Chatbot telah menjadi lebih populer di grup bisnis saat ini karena Bot memastikan semua pesan dari pelanggan bisa ditangani dengan cepat dan perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Selain itu dengan adanya chatbot tempat usaha bisnis dapat menyediakan layanan yang aktif selama 24 jam. Pada penelitian ini akan dibuat rancang bangun Chatbot menggunakan Chatfuel untuk mengembangkan usaha bisnis. Pada Bot yang dibangun ini dapat membantu pemilik bisnis untuk melakukan pencatatan pesanan, pemrosesan pesanan, pencatatan pelanggan, informasi lokasi bisnis dan memudahkan transaksi pembayaran.
Unduhan
Referensi
E. Pratt, “A Primer Artificial Intelligence and Chatbots in Technical Communication – A Primer,” pp. 2–9, 2017.
Nudtaporn Rosruen and Taweesak Samanchuen. Chatbot Utilization for Medical Consultant System. The 2018 Technology Innovation Management and Engineering Science International Conference (TIMES-iCON2018).
S. Divya, V. Indumathi, S. Ishwarya, M. Priyasankari, and S. Kalpana Devi, “A Self-Diagnosis Medical Chatbot Using Artificial Intelligence,” J. Web Dev. Web Des., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2018.
S. Rupesh, P. Manmath, S. Nirmala, P.Harskumar, M.Nitin. Chatbot using TensorFlow for small Businesses, in Proceedings of the 2nd International Conference on Inventive Communication and Computational Technologies (ICICCT 2018) IEEE Xplore Compliant - Part Number: CFP18BAC-ART; ISBN:978-1-5386-1974-2.
W. Mokhammad Hadi, Sarosa M, T.Herman. Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java Pada Google Classroom Dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 5, No. 3, Agustus 2018, hlm. 287-296.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis mengirimkan naskah dan pengertian bahwa jika diterima untuk proses dipublikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada jurnal ilmiah teknologi informasi asia. Jurnal ilmiah teknologi informasi asia dan Lp2m Stmik Asia Malang sebagai penerbit jurnal, komponen Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia, dan Lp2m Stmik Asia Malang, beserta jajaran para redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, opini, pernyataan yang salah atau menyesatkan ketika dipublikasikan di jurnal, dengan kondisi apapun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Jurnal ilmiah teknologi infomasi asia adalah murni merupakan tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan. Pengguna situs web ini akan dilisensikan dengan menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Tidak ada biaya yang dibebankan. Silakan gunakan materi yang sesuai.
Anda bebas untuk:
Bagikan - salin dan sebarkan materi dalam media atau format apa pun
Adaptasi - remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi