Analisis massive open online course zonainformatika.com menggunakan technology acceptance model
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.1110Kata Kunci:
analisis, course, mooc, tam, teknologiAbstrak
Analisis ini bertujuan guna mengevaluasi penerimaan pengguna terhadap aplikasi massive open online course zonainformatika.com dengan menggunakan model penerimaan teknologi. Penelitian ini melibatkan 125 pengguna terdaftar dan 48 roadmap kursus yang tersedia. Metode pelaksanaan meliputi pengumpulan data statistik pengguna, seperti tingkat penyelesaian roadmap dan tingkat kepuasan pengguna. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis deskriptif guna memahami pola penggunaan dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 65% pengguna berhasil menyelesaikan setidaknya satu roadmap, dengan rata-rata durasi belajar per sesi mencapai 45 menit. Selain itu, 88% pengguna melaporkan merasa puas atau sangat puas dengan platform ini. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi massive open online course ini diterima dengan baik oleh pengguna, yang terlihat dari tingginya tingkat penyelesaian kursus dan kepuasan yang dirasakan. Analisis ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang aplikasi guna meningkatkan fitur dan layanan demi memperbaiki pengalaman belajar pengguna. Temuan dari penelitian ini dapat menjadi referensi pada memberikan pengetahuan terhadap tutor tentang aspek psikologis pengguna pada menggunakan massive open online course, serta membantu tutor merancang evaluasi belajar yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu manfaat dari penelitian ini juga dapat memberikan informasi pada bidang pengembangan aplikasi guna meningkatkan inovasi pengembangan aplikasi massive open online course.
Unduhan
Referensi
Almarashdeh, I., & Alsmadi, M. (2016). Investigating the acceptance of technology in distance learning program. 2016 International Conference on Information Science and Communications Technologies (ICISCT), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICISCT.2016.7777404
Alyoussef, I. Y. (2023). The Impact of Massive open online courses (MOOCs) on Knowledge Management Using Integrated Innovation Diffusion Theory and the Technology Acceptance Model. Education Sciences, 13(6), 531. https://doi.org/10.3390/educsci13060531
Andriani, R., Setyanto, A., & Nasiri, A. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model dengan Penambahan Variabel Eksternal. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 531. https://doi.org/10.25126/jtiik.202073850
Ang, W. L., Jedi, A., & Lohgheswary, N. (2021). Factors affecting the acceptance of open learning as e-learning platform by technical course students. Journal of Engineering Science and Technology, 16(2).
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi iJATENG Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.
Hariyadi, R. R. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Digital Library Ur Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Di Fisip Universitas Riau. JOM Fisip Universitas Riau, 4(2), 1–17.
Lu, K., Pang, F., & Shadiev, R. (2023). Understanding college students’ continuous usage intention of asynchronous online courses through extended technology acceptance model. Education and Information Technologies, 28(8), 9747–9765. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11591-1
Niken Widowati, & Khusaini, M. (2022). Adopsi Pembayaran Digital Qris Pada UMKM Berdasarkan Technology Acceptance Model. Journal of Development Economic and Social Studies, 1(2), 325–347. https://doi.org/10.21776/jdess.2022.01.2.15
Qonita, A., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 Terhadap Penerapan Sipejar Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 140–148. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p140
Rafique, H., Almagrabi, A. O., Shamim, A., Anwar, F., & Bashir, A. K. (2020). Investigating the Acceptance of Mobile Library Applications with an Extended Technology Acceptance Model (TAM). Computers & Education, 145, 103732. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103732
Sugiri, W. A., Sihkabuden, S., & Ulfa, S. (2017). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Massive open online course. Prosiding TEP &PDs, 110–117.
Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425. https://doi.org/10.2307/30036540
Wangi, A. A., Kustono, A. S., & Effendi, R. (2022). Model Unified Theory of Acceptance Use of Technology di Perkuliahan Daring. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 20(2), 136. https://doi.org/10.19184/jauj.v20i2.35466
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.