Implementasi fuzzy analytical hierarchy process pada perangkingan pencapaian belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v19i1.1112Kata Kunci:
fuzzy logic, fuzzy ahp, hasil belajar, penilaian, smk 3 pgriAbstrak
Salah satu komponen penting dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat adalah penilaian pencapaian belajar siswa. Di SMK PGRI 3 Sidoarjo penilaian tidak hanya dilakukan pada aspek akademis saja, namun juga memperhatikan aspek sosial, spiritual, keterampilan, pengetahuan, dan ketidakhadiran. Namun penilaian yang dilakukan masih menggunakan sistem menggunakan bobot langsung. Sistem perangkingan dengan menggunakan bobot biasa memiliki kelemahan berupa subjektivitas pada bobot berdasarkan intuisi penilai sehingga kurang objektif pada hasilnya. Fuzzy Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat meningkatkan objektifitas dalam melakukan perangkingan karena bobot menjadi lebih proporsional. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Fuzzy AHP untuk penilaian pencapaian belajar siswa di SMK PGRI 3 Sidoarjo. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang penerapan pendekatan Fuzzy AHP dalam pemeringkatan siswa dan dapat menjadi dasar untuk kemajuan sistem pendukung keputusan yang semakin kompleks di dunia akademis. Adapun variabel-variabel yang terlibat dalam Fuzzy AHP untuk perangkingan siswa, yaitu Sikap Sosial, Sikap Spiritual, Keterampilan, Pengetahuan, dan Ketidakhadiran. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa sistem perangkingan siswa berbasis Fuzzy AHP menghasilkan kecocokan sebesar 45%, dengan tingkat ketidakcocokan 55% dibandingkan sistem bobot langsung. Hal ini menunjukkan bahwa metode Fuzzy AHP memang berbeda dari sistem bobot langsung dalam hal objektivitas. Perbedaan hasil tersebut disebabkan oleh pendekatan dalam penentuan bobot kriteria yang berbeda.
Unduhan
Referensi
Ahmed, F., & Kilic, K. (2024). Does fuzzification of pairwise comparisons in analytic hierarchy process add any value? Soft Computing, 28(5), 4267–4284. https://doi.org/10.1007/s00500-023-09593-9
Canco, I., Kruja, D., & Iancu, T. (2021). AHP, a Reliable Method for Quality Decision Making: A Case Study in Business. Sustainability, 13(24), 13932. https://doi.org/10.3390/su132413932
Chang, D.-Y. (1996). Applications of the extent analysis method on fuzzy AHP. European Journal of Operational Research, 95(3), 649–655. https://doi.org/10.1016/0377-2217(95)00300-2
Chen, X., Fang, Y., Chai, J., & Xu, Z. (2022). Does Intuitionistic Fuzzy Analytic Hierarchy Process Work Better Than Analytic Hierarchy Process? International Journal of Fuzzy Systems, 24(2), 909–924. https://doi.org/10.1007/s40815-021-01163-1
Harahap, A. R., Simbolon, N. H. M., Agata, R. A., & Sunarsih, S. (2022). Metode Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilihan Metode Pembelajaran Demi Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p9-17
Leenknecht, M., Wijnia, L., Köhlen, M., Fryer, L., Rikers, R., & Loyens, S. (2021). Formative assessment as practice: the role of students’ motivation. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(2), 236–255. https://doi.org/10.1080/02602938.2020.1765228
Naharudin, N., Azmi, N. A. A., & Khalid, N. (2025). Application of Fuzzy-AHP in GIS in Finding E-Scooter Trail for Street Art. Revue Internationale de Géomatique, 34(1), 53–69. https://doi.org/10.32604/rig.2025.058078
Sutrisno, S., Mayasari, N., Rohim, M., & Boari, Y. (2023). Evaluasi Keputusan Kelayakan Bonus Karyawan Menggunakan Metode AHP-WP. Jurnal Krisnadana, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.58982/krisnadana.v3i1.491
Wu, H., Sun, X., Li, D., & Zhao, Y. (2022). Research on Learning Evaluation of College Students Based on AHP and Fuzzy Comprehensive Evaluation. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022, 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/9160695
Xu, S., Yeyao, T., & Shabaz, M. (2023). Multi-criteria decision making for determining best teaching method using fuzzy analytical hierarchy process. Soft Computing, 27(6), 2795–2807. https://doi.org/10.1007/s00500-022-07554-2
Yanto, M. (2021). Sistem Penunjang Keputusan Dengan Menggunakan Metode AHP Dalam Seleksi Produk. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 167–174. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.161
Yu, Y. (2022). Evaluating Teaching Quality in Colleges and Universities of Public Art Education Using the AHP Fuzzy Comprehensive Method. Scientific Programming, 2022, 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/3529311
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.