Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar
Keywords:
E-Learning, Hasil Belajar, Fisika DasarAbstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran E-Learning yang berada pada sekolah tinggi menejemen dan ilmu Komputer (STMIK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa dalam pemahaman materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Randomized control group postes design, dimana pada penelitian membagi subjek menjadi dua kelompok. Hasil belajar siswa yang diperoleh melalui postes menunjukkan bahwa selisih postes dari kelompok control dan eksperimen berbeda secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang diperoleh bahwa t hitung = 3,516 < t tabel = 1,725 yang berarti H0 ditolak. Dengan penolakan H0 ini berarti bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan rangkaian listrik menggunakan pembelajaran yang memanfaatkan e-learning tidak lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Upon acceptance for publication, authors transfer copyright of their article to Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. This includes the rights to reproduce, transmit, and translate the material in any form or medium.
While the editorial board endeavors to ensure accuracy, they accept no responsibility for the content of articles or advertisements. Liability rests solely with the respective authors and advertisers.
Website material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Under this license, users are free to share and adapt the material for any purpose, including commercial use, provided license terms are met. These freedoms are irrevocable by the licensor under such conditions.