Simulasi Kinerja Siswa Dengan Metode Fuzzy Inference Sugeno Menggunakan Aplikasi Matlab
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v11i1.53Kata Kunci:
Fuzzy Sugeno, Evaluasi, MATLABAbstrak
Tujuan artikel ini adalah membuat simulasi untuk penilaian kinerja siswa menggunakan logika fuzzy untuk mengatasi masalah proses penilaian evaluasi siswa. Disamping itu belum adanya sistem khusus yang dapat mengoptimalkan dalam memberikan dukungan bagi guru dalam melakukan evaluasi yang masih bersifat perhitungan manual. Satu cara penentuan perhitungan hasil evaluasi siswa dapat dipermudah dengan menggunakan bantuan pertimbangan Artifical Intelligence (AI) sebagai optimasinya. Dalam pertimbangan evaluasi kinerja siswa ini menggunakan logika fuzzy dengan metode inference system sugeno. Metode sugeno ini merupakan metode inference fuzzy untuk aturan yang direpresentasikan dalam bentuk IF-THEN, dimana output sistem tidak berupa himpunan fuzzy, melainkan berupa persamaan linier. Kriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja siswa meliputi very unsuccesusful, unsuccessful, average, successful, dan very successful. Pada simulasi ini hasil yang ditampilkan dengan perhitungan manual dan perhitungan Matlab sebagai pembandingnya hasil perhitungan secara manual nilai result 45,5 sedangkan pada perhitungan matlab nilai result sebesar 48,5. Sehingga dapat disimpulkan selisih yang disebabkan tingkat akurasi hasil inference rule pada perhitungan manual kurang efektif bahkan terkadang banyak inference rule yang harus disesuaikan.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.