Peningkatan Performansi Rumah Sakit Melalui Rekomendasi Sistem Berbasis Fuzzy-Mamdani dengan Pemanfaatan Grafik Barber-Johson
Keywords:
Pelayanan rumah sakit, Barber Johnson, Logika Fuzzy, MamdaniAbstract
Persaingan akan pelayanan rumah sakit di Indonesia sekarang ini sudah seperti menjadi persaingan bisnis antar perusahaan, dimana rumah sakit saling berlomba - lomba untuk memberikan pelayanan terbaiknya dan berlomba – lomba untuk mengikuti standar mutu pelayanan secara nasional seperti hal-nya akreditasi sampai dengan standar mutu pelayanan secara internasional seperti ISO (International Standard Organization). Maka dari itu diperlukan sebuah teknik manajemen salah satunya adalah Barber-Johnson yang digunakan untuk mengetahui idealnya pemakaian kasur pada rawat inap. Tetapi dalam kenyataannya barber-johnson tidak bisa digunakan secara langsung sehinggaperlu modifikasi, salah satunya adalah dengan teknik logika fuzzy dengan inferensi mamdani. Sehingga peramalan jumlah tempat tidur yang harus disediakan mencapai nilai keakurasian 90%.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Upon acceptance for publication, authors transfer copyright of their article to Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. This includes the rights to reproduce, transmit, and translate the material in any form or medium.
While the editorial board endeavors to ensure accuracy, they accept no responsibility for the content of articles or advertisements. Liability rests solely with the respective authors and advertisers.
Website material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Under this license, users are free to share and adapt the material for any purpose, including commercial use, provided license terms are met. These freedoms are irrevocable by the licensor under such conditions.