Simulasi Kinerja Siswa Dengan Metode Fuzzy Inference Sugeno Menggunakan Aplikasi Matlab
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v11i1.53Keywords:
Fuzzy Sugeno, Evaluasi, MATLABAbstract
Tujuan artikel ini adalah membuat simulasi untuk penilaian kinerja siswa menggunakan logika fuzzy untuk mengatasi masalah proses penilaian evaluasi siswa. Disamping itu belum adanya sistem khusus yang dapat mengoptimalkan dalam memberikan dukungan bagi guru dalam melakukan evaluasi yang masih bersifat perhitungan manual. Satu cara penentuan perhitungan hasil evaluasi siswa dapat dipermudah dengan menggunakan bantuan pertimbangan Artifical Intelligence (AI) sebagai optimasinya. Dalam pertimbangan evaluasi kinerja siswa ini menggunakan logika fuzzy dengan metode inference system sugeno. Metode sugeno ini merupakan metode inference fuzzy untuk aturan yang direpresentasikan dalam bentuk IF-THEN, dimana output sistem tidak berupa himpunan fuzzy, melainkan berupa persamaan linier. Kriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja siswa meliputi very unsuccesusful, unsuccessful, average, successful, dan very successful. Pada simulasi ini hasil yang ditampilkan dengan perhitungan manual dan perhitungan Matlab sebagai pembandingnya hasil perhitungan secara manual nilai result 45,5 sedangkan pada perhitungan matlab nilai result sebesar 48,5. Sehingga dapat disimpulkan selisih yang disebabkan tingkat akurasi hasil inference rule pada perhitungan manual kurang efektif bahkan terkadang banyak inference rule yang harus disesuaikan.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Upon acceptance for publication, authors transfer copyright of their article to Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. This includes the rights to reproduce, transmit, and translate the material in any form or medium.
While the editorial board endeavors to ensure accuracy, they accept no responsibility for the content of articles or advertisements. Liability rests solely with the respective authors and advertisers.
Website material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Under this license, users are free to share and adapt the material for any purpose, including commercial use, provided license terms are met. These freedoms are irrevocable by the licensor under such conditions.