Perancangan Sistem Pemesanan Rumah Sakit di Kota Malang Menggunakan Ionic Framework berbasis Mobile Phone

Penulis

  • Muhammad Rofiq STMIK Asia Malang
  • Suci Imani Putri STMIK ASIA

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v11i2.210

Kata Kunci:

Aplikasi pemesanan rumah sakit, Smartphone, Ionic Framework, CodeIgniter Framework, MVC(Model, View, Controller)

Abstrak

Aplikasi pemesanan fasilitas rumah sakit merupakan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat memudahkan para pasien untuk proses pemesanan fasilitas yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Pembuatan aplikasi ini didasarkan karena banyaknya para pengguna smartphone dan tablet. Aplikasi dibuat agar pasien dapat mengakses informasi atau melakukan pemesanan fasilitas dimanapun dan kapanpun. Dalam aplikasi terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan kemudahan tanpa harus mendatangi pihak rumah sakit dalam proses pemesanan. Proses perancangan web administrator dan Aplikasi menggunakan Mekanisme MVC yang merupakan system pengembangan aplikasi yang terpisah, Komponen utama berbasis itu yang membangun aplikasi seperti manipulasi data (Model), user interface (View), dan bagian kontrol (Controller) dalam aplikasi web. Implementasi MVC (Model View Controller) dengan CodeIgniter Framework, membuat system pada aplikasi menjadi lebih mudah untuk dikembangkan oleh pengembang berikutnya. Pembuatan Aplikasi pada smartphone dibuat dengan menggunakan Ionic Framework dengan dasar PHP, JavaScript Framework AngularJS, dan Node.js. Setelah melalui proses pengujian yang telah dilakukan,  aplikasi yang dibuat menampilkan informasi berupa jadwal poliklinik serta nama dokter, melakukan pemesanan pada poliklinik yang disediakan pihak rumah sakit, pemesanan kamar untuk rawat inap, serta mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan, hingga fitur komunikasi dengan pihak rumah sakit untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dan hasil survey kepada pengguna aplikasi menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 80,13 %.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] Rumah Sakit, Wikipedia. Diambil dari sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_sakit (diakses pada tanggal 16 Februari 2017)

[2] Riske P. Warouw. 2014. Perancangan Aplikasi Voter menggunakan Android untuk pemilihan Ketua Himpunan. Manado : E-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014), ISSN: 2301-8402

[3] Joni Maulindar, 2016. Perancangan Aplikasi Tagihan SPP Berbasis Android. Surakarta: Jurnal Sains Tech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Vol. 1 Nomor 5 Bulan Juni Tahun 2016

[4]Hakim, Lukmanul. 2013. Bikin Website Super Keren Dengan PHP dan jQuery. Yogyakart: Lokomedia

[5] Thamura, Frans dan Haryanto, Leo dan Muhardin, Endi. Cara Cepat Mengembangkan Solusi Java Enterprise Dengan Arsitektur MVC (Struts2, Spring, dan Hibernate),Penerbit Bambumas, 2012.

[6] Michael P.I. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pertanian Berbasis Web Menggunakan Model View
Controller. Salatiga: Jurnal Sistem Informasi, Vol. 8 No. 1, Maret 2013:17 - 28

Diterbitkan

2017-08-01

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>