Pemanfaatan Metode Based Collaborative Filtering Untuk Rekomendasi Wisata Di Kabupaten Malang

Penulis

  • Mufidatul Islamiyah STMIK ASIA MALANG
  • Puji Subekti STMIK ASIA MALANG
  • Titania Dwi Andini STMIK ASIA MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.70

Kata Kunci:

wisata, sistem rekomendasi, item based collaborative filtering

Abstrak

Informasi wisata yang ada di Kabupaten Malang belum banyak tersebar di internet sehingga mempersulit wisatawan dalam menentukan destinasi wisata di Kabupaten Malang yang akan dikunjungi. Oleh sebab itu, system rekomendasi ini dibangun untuk menyediakan informasi tentang wisata yang ada di Kabupaten Malang dengan menggunkan metode item based collaborative filtering. Metode item based collaborative filtering memiliki kelebihan dapat meningkatkan ketepatan rekomendasi objek yang dihasilkan. Hasil dari uji angket yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sistem rekomendasi wisata ini bermanfaat dengan tingkat kemanfaatan mencapai 86,35% serta dalam uji metode item based collaborative filtering menggunakan cara manual di excel dan di sistem menghasilkan nilai prediksi yang sama yaitu prediksi 1 dengan nilai 3,562,  prediksi 2 dengan nilai 3,287, dan prediksi 3 dengan nilai 1,896.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mahendra Dicky Yohanes. Sistem Rekomendasi Objek Wisata Yokyakarta Dengan Pendekatan Item – Based Collaborative Filtering. Universitas Sanata Dharma. Yokyakarta. 2018.
Xeu feng, he Xiangnan, Wang Xiang, Xu Jiandong, Liu Kai and Hong Richang. Deep Item-based Collaborative Filtering for Top-N Recommendation. Journal ACM transactions on information system (TOIS), New York. 2018.
Wahyo tri bambang dan anggriawan widya angga. System rekomendasi wisata se-malang raya menggunakan metode hybrid content based dan collaborative. Jurnal system informasi STMIK Asia Malang. 2015.
Mustofa Rizaku Agus. Sistem Rekomendasi Wisata Di Kediri Menggunakan Metode Item Based Collaborative Filtering.Tugas Akhir Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Asia. Malang. 2018.
Song Jieun And Kim Bum Seoung. Content-based filtering for recommendation systems using multiattribute networks. Journal expert system with application. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-10

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama