Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.473Keywords:
e-commerce, umkm, sistem informasi, perancanganAbstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini menyebabkan persaingan antar industri semakin ketat. Persaingan tersebut berdampak terhadap perkembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pelaku UMKM seringkali kurang menyadari pentingnya teknologi informasi dalam hal ini sistem perdangan online (e-commerce) yang berfungsi untuk meningkatkan cakupan penjualan produk serta dapat mempercepat proses bisnis yang ada. Khususnya UMKM di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang terbatas pada penjualan yang dilakukan secara otodidak tanpa menggunakan dukungan teknologi informasi. Hal tersebut berdampak pada produk yang dijual tidak banyak diketahui oleh masyarakat secara umum yang menyebabkan pendapatan UMKM cenderung rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini berusaha merancang sebuah aplikasi e-commerce yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM khususnya di lingkungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang.
Downloads
References
Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395. Retrieved from http://www.amazon.com
Adiguna, A. R., Saputra Chandra, M., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Pengantar Sistem Informasi, 2(2), 612–621. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2008.04.008
Depkop. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. Www.Depkop.Go.Id, 2000(1), 1.
Hidayat, A. A., & Achjari, D. (2017). Pengaruh Investasi Teknologi Informasi Terhadap Efisiensi Organisasi. Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 25(2), 127–140. https://doi.org/10.32477/jkb.v25i2.234
Mahaseptiviana, A., Tjandrarini, A. B., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), Vol.3 No.(2), 157–165. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/19493/pdf
Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784
Zahra, F. S. (2017). Perancangan Website E-Commerce pada Toko Tawazun Outdoor dengan Metode Market Basket Analysis Fidelia. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 216–234.
Zulkarnain, A. (2019). Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 125–136.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Upon acceptance for publication, authors transfer copyright of their article to Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. This includes the rights to reproduce, transmit, and translate the material in any form or medium.
While the editorial board endeavors to ensure accuracy, they accept no responsibility for the content of articles or advertisements. Liability rests solely with the respective authors and advertisers.
Website material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Under this license, users are free to share and adapt the material for any purpose, including commercial use, provided license terms are met. These freedoms are irrevocable by the licensor under such conditions.