Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.473Kata Kunci:
e-commerce, umkm, sistem informasi, perancanganAbstrak
The development of information technology is currently causing increase fierce competition between industries. The competition has an impact on the development of the micro small and medium business sector (MSME). The MSMEs sector are often less aware on the importance of information technology in this case the use of online trading system (e-commerce) which used to increase the scope of product sales and can speed up existing business processes. Especially MSMEs in Malang District are limited to self-taught sales without using information technology support. This has an impact on the products sold that are not widely known by the public in general which causes MSME revenues to tend to be low. Therefore, in this study trying to design an e-commerce application that aims to increase the income of Micro Small Medium Enterprises in Malang Districts.
Unduhan
Referensi
Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395. Retrieved from http://www.amazon.com
Adiguna, A. R., Saputra Chandra, M., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Pengantar Sistem Informasi, 2(2), 612–621. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2008.04.008
Depkop. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. Www.Depkop.Go.Id, 2000(1), 1.
Hidayat, A. A., & Achjari, D. (2017). Pengaruh Investasi Teknologi Informasi Terhadap Efisiensi Organisasi. Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 25(2), 127–140. https://doi.org/10.32477/jkb.v25i2.234
Mahaseptiviana, A., Tjandrarini, A. B., & Sudarmaningtyas, P. (2014). Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), Vol.3 No.(2), 157–165. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/19493/pdf
Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784
Zahra, F. S. (2017). Perancangan Website E-Commerce pada Toko Tawazun Outdoor dengan Metode Market Basket Analysis Fidelia. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 216–234.
Zulkarnain, A. (2019). Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 125–136.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Setelah diterima untuk publikasi, penulis mengalihkan hak cipta artikel mereka kepada Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Ini mencakup hak untuk mereproduksi, mentransmisikan, dan menerjemahkan materi dalam bentuk atau medium apa pun.
Sementara dewan redaksi berusaha memastikan keakuratan, mereka tidak bertanggung jawab atas isi artikel atau iklan. Tanggung jawab sepenuhnya berada pada penulis dan pengiklan masing-masing.
Materi di situs web dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Di bawah lisensi ini, pengguna bebas untuk berbagi dan menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, termasuk penggunaan komersial, asalkan persyaratan lisensi terpenuhi. Kebebasan ini tidak dapat dicabut oleh pemberi lisensi dalam kondisi tersebut.